Ditabalkan Jadi Orang Batak, Wali Kota Rudi Diberi Marga Harahap dan Wagub Kepri Hj Marlin Agustina Boru Nasution


Ditabalkan Jadi Orang Batak, Wali Kota Rudi Diberi Marga Harahap dan Wagub Kepri Hj Marlin Agustina Boru Nasution

Ditabalkan Jadi Orang Batak, Wali Kota Rudi Diberi Marga Harahap dan Wagub Kepri Hj Marlin Agustina Boru Nasution
Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi (tengah) ikut manotor setelah ditabalkan jadi marga Harahap. (Foto: Mcb)

Dinamika Kepri | Padangsidimpuan - Pasangan suami istri, Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi yang juga sebagai Kepala BP Batam dan Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina, resmi ditabalkan menjadi bagian dari keluarga besar suku batak.

Hj. Marlin Agustina resmi menyandang marga Boru Nasution dan H. Muhammad Rudi diberikan marga Harahap. Pemberian marga itu dilakukan setelah sidang Adat di Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Sabtu (20/8).

Setelah penabalan marga tersebut, Marlin dan Rudi pun kemudian manortor atau menari tortor. Hal ini pun menandakan berakhirnya prosesi penabalan marga untuk Marlin dan Rudi.

Dengan demikian, kini Kepala Badan Pengusahaan Batam tersebut, resmi bernama H Muhammad Rudi Harahap. Sedangkan nama Ketua PIKORI BP Batam kini bernama Hj Marlin Agustina boru Nasution.

Untuk gelar resminya, Wali Kota H. Muhammad Rudi adalah Tuongku Sinomba Tigor Parlaungan, sedangkan untuk Marlin adalah Namora Parlaungan Boru Nasution.

Selain Tetua adat, pada penabalan itu juga hadir Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Effendi Nasution, yang semarga dengan Marlin. Hadir juga Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Arwin Siregar yang semarga dengan besan Rudi dan Marlin.

Acara penabalan ini berlangsung khidmat. Dalam penabalan itu, Rudi tampak mengenalan happo dan ulos. Demikian juga Marlin mengenakan ulos dan manortor.

Penabalan gelar ini dilaksanakan seiring gelaran pesta adat pernikahan putrinya, Rani Rafitriyani dengan Kapten Inf Harry Rezeki Utama Siregar. Pada Sabtu ini, memang digelar Ngunduh Mantu di kediaman mempelai laki-laki, di Padangsidimpuan, tempat orang tua Harry, Zulbakti Siregar dan Rismawati Lubis.

"Alhamdulillah salah satu rangkaian adat di acara ngunduh mantu ananda Rani dan Harry telah selesai. Terima kasih kepada semua pihak yang membantu kelancaran prosesi ini," kata Wagub Marlin. (*)
Halaman :

Lebih baru Lebih lama