Setubuhi Pacar di Bawah Umur, DS Ditangkap Polisi, Ini Pesan Kapolsek Sekupang Kepada Para Orang Tua

Setubuhi Pacar di Bawah Umur, DS Ditangkap Polisi, Ini Pesan Kapolsek Sekupang Kepada Para Orang Tua

Setubuhi Pacar di Bawah Umur, DS Ditangkap Polisi, Ini Pesan Kapolsek Sekupang Kepada Para Orang Tua
Kapolsek Sekupang Kompol Yudha Surya Wardhana, SIP, MSi saat berdialog dengan pelaku inisial DS.

Dinamika Kepri | Batam - Didampingi Kanit Reskrim Polsek Sekupang Iptu Muhammad Ridho dan Humas Polresta Barelang di Mapolsek Sekupang, Kapolsek Sekupang Kompol Yudha Surya Wardhana menggelar konferensi pers pengungkapan kasus tindak pidana persetubuhan terhadap anak di bawah umur, Selasa (26/7/2022).

Pada kasus ini, seorang pelaku berinisial DS (23) diamankan pada hari Jumat tanggal 15 Juli 2022. Pelaku diamankan di rumahnya di Perumahan Permata Laguna, Batu Aji, Batam.

Dijelaskan kronologisnya, Kapolsek Sekupang mengatakan, kejadian berawal Senin 11 juli 2022 pukul 06.00 Wib, korban sudah 2 hari tidak pulang ke rumah. Setelah korban pulang dan merasa curiga, ibu korban kemudian melakukan introgasi kepada korban, hingga akhirnya korban mengaku dan mengatakan sudah ia melakukan hubungan badan layaknya suami istri dengan pelaku DS. Mengetahui hal tersebut, orang tua korban melaporkanya ke Polsek Sekupang.

Setelah menerima laporan dari ibu korban, Unit Reskrim Polsek Sekupang kemudian melakukan pemeriksaan terhadap saksi saksi, korban dan melakukan pencarian terhadap pelaku, namun pelaku berpindah-pindah tempat.

Kemudian pada tanggal 15 juli 2022, pelaku berhasil diamankan di kediaman pelaku di Perumahan Permata Laguna, Kecamatan Batu Aji dan pelaku beserta barang bukti dibawa ke Polsek Sekupang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Setelah dilakukan pendalaman terhadap pelaku, benar bahwa pelaku mengakui telah melakukan hubungan badan sebanyak 4 kali, dan korban masih di bawah umur (14 tahun). Pelaku merupakan pacar korban yang sudah berhubungan selama 7 bulan, dan pelaku mengetahui bahwa korban masih di bawah umur," ungkap Kapolsek Sekupang, Kompol Yudha Surya Wardhana.

Lebih lanjut dikatakanya, atas kejadian ini pelaku dijerat dengan Pasal 81 Ayat (2) Jo Pasal 82 Ayat (1) UU No.17 Tahun 2016 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang No. 01 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas UU RI No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak menjadi undang – undang dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Selain itu, untuk menghindari hal serupa tiak terjadi lagi, Kapolsek juga menghimbau kepada masyarakat, agar para orang tua selalu memberikan pengawasan dan penjagaan terhadap anak.

"Kami harapkan pengawasan dan penjagaan terhadap anak dari orang tua. Kami juga sudah sering menyampaikan ke sekolah-sekolah dengan memberikan sosialiasasi dan dimohon untuk selalu mengawasi pergaulan anak yang sumbernya dari orang tua, sekolah serta yang ikut berperan aktif dalam pengawasan terhadap anak," pesan Kompol Yudha Surya Wardhana. (Ril)
Halaman :

Lebih baru Lebih lama