Operasi Patuh Seligi Akan Digelar Selama 14 Hari, Dirlantas Polda Kepri: Jangan Takut Petugas, Tapi Takutlah Aturan Lalu Lintas

Operasi Patuh Seligi Akan Digelar Selama 14 Hari, Dirlantas Polda Kepri: Jangan Takut Petugas, Tapi Takutlah Aturan Lalu Lintas

Operasi Patuh Seligi 2022 Akan Digelar Selama 14 Hari, Dirlantas Polda Kepri: Jangan Takut Petugas, Tapi Takutlah Aturan Lalu Lintas
Dinamika Kepri | Batam - Mengawali pelaksanaan Operasi Patuh Seligi 2022, Polda Kepri melakukan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Upacara Polda Kepri. Apel Gelar Pasukan ini berlangsung dipimpin Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, Senin (13/6/2022).

Operasi Kepolisian kewilayahan dengan sandi Operasi “Patuh Seligi 2022” ini merupakan operasi yang bersifat edukatif dan persuasif serta humanis didukung penegakan hukum secara elektronik/teguran dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap polantas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kapolda Kepri dalam arahannya mengatakan, semoga dengan adanya operasi ini, mampu menjawab permasalahan dibidang lalulintas yang telah berkembang dengan cepat dan dinamis, sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas.
Kapolda Kepri juga merincikan pelanggaran lalu lintas periode Januari 2022 – Mei 2022, sebanyak 4.409, jumlah laka lantas sebanyak 358 kejadian dengan korban meninggal dunia 55 orang, luka berat 83 orang dan luka ringan 418 orang.

Ia juga mengharapkan kepada seluruh personil Polri didukung stake holders terkait, dapat mewujudkan kamseltibcarlantas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan jumlah korban dan fatalitas korban kecelakaan lalulintas, membangun budaya tertib berlalulintas dan tingkatkan kualitas pelayanan publik.

Operasi yang bertemakan “Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa” ini digelar selama 14 hari terhitung mulai tanggal 13 Juni sampai dengan 26 Juni 2022 serentak di seluruh Indonesia.
Ada pun target dalam pelaksanaan operasi ini yaitu masyarakat yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas dan lokasi rawan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dengan sasaran prioritas penggunaan handphone saat mengemudi, melawan arus, berboncengan lebih dari satu, pengemudi dibawah umur, tidak menggunakan helm standar dan pengendara yang mabuk atau menggunakan narkoba serta mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan.

"Saya harapkan di dalam pelaksanaanya, utamakan faktor keamanan dan keselamatan, Kedepankan tindakan preventif dan upayakan pendekatan humanis serta lakukan edukasi kepada masyarakat. Hindari tindakan pungli dan lakukan tugas ops patuh ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat. Pahami psikologis masyarakat, lakukan penegakan hukum dengan memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya berlalu lintas di jalan serta jalin komunikasi dan sinergisitas dengan TNI dan instansi terkait lainnya," kata Kapolda Kepri.
Selain itu, Kapolda Kepri juga mendoakan agar para personil yang bertugas diberikan perlindungan oleh Tuhan yang maha kuasa.

“Selamat melaksanakan tugas, semoga Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk dan bimbingannya kepada kita sekalian, dalam mengabdi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tutupnya.

Setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seligi 2022, kemudian Kapolda Kepri beserta rombongan melakukan pengecekkan kendaraan dinas dalam rangka mendukung kesiapan tugas operasional operasi patuh.

Kemudian, saat memberikan keterangannya pada awak media, Dirlantas Polda Kepri AKBP Tri Yulianto menjelaskan, adapun personel yang diturunkan Polda Kepri dan Jajaran dalam operasi ini yaitu sebanyak 426 personel.

Selain itu, AKBP Tri Yulianto juga berpesan kepada masyarakat yang berkendara agar selalu mematuhi aturan lalu lintas.

"Kita berharap kepada masyarakat pengguna jalan bukan takut karena petugas tapi takutlah dengan aturan–aturan lalu lintas, sehingga ketika masyarakat paham akan aturan–aturan lalu lintas mudah-mudahan kecelakaan bisa dihindari," pesannya. (Ril)

Halaman :
Lebih baru Lebih lama