Rokok Tanpa Pita Cukai Merek Nise dan Rave Dijual Bebas di Batam, Harga Rp 10 Ribu Perbungkusnya


Rokok Tanpa Pita Cukai Merek Nise dan Rave Dijual Bebas di Batam, Harga Rp 10 Ribu Perbungkusnya

Rokok Tanpa Pita Cukai Merek Nise dan Rave Dijual Bebas di Batam, Harga Rp 10 Ribu Perbungkusnya
Dua merek rokok, Nise dan Rave dijual bebas di Batam meski tidak dilekati pita cukai. 

Dinamika Kepri, Batam - Meski sudah dilarang pemerintah, namun sampai saat ini berbagai merek rokok tanpa dilekati cukai seperti merek Nise dan Rave, terlihat masih beredar bebas di Kota Batam, Kepuluan Riau, Minggu (17/4/2022).

Dari hasil penelesuran, kedua merek rokok ini cukup mudah didapatkan di warung-warung. Pembeli cukup hanya membayar Rp10 ribu perbukusnya, sudah dapat memilikinya.

Rokok ini juga terpantau sangat laris manis di pasaran yang mana para peminatnya para kawula muda.

Sebelumnya, pemerintah telah memutuskan dan mencabut pembebasan cukai atas barang konsumsi berupa barang kena cukai di kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas (KPBPB) atau free trade zone (FTZ) di Batam, Bintan, Karimun dan Tanjung Pinang.

Hal itu berlaku 17 Mei 2019. Kebijakan tersebut diberlakukan setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan kajian optimalisasi penerimaan negara di KPBPB pada tahun 2018 yang lalu.

Meskipun selama ini pihak Bea Cukai Batam kerap melakukan razia ke tempat-tempat penjualan rokok dengan istilah "Gempur" dan menyita temuan rokok ilegal tanpa pita cukai, namun dampak atau efek jera yang diberikan, sepertinya tidak begitu mempengaruhi terhadap peredarannya.

Salah satu warung penjual rokok di bilangan Sekupang contohnya, yang mana saat disambangi awak media ini, di warung tersebut terlihat beberapa merek rokok tanpa pita cukai di pajang, kesannya seperti tidak ada yang salah.

Padahal, mengacu pada Undang-undang RI Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai di pasal 54 dan pasal 56 disebutkan bahwa pengedar atau penjual rokok ilegal termasuk melakukan pelanggaran yang dapat berpotensi sebagai pelanggaran pidana.  

Saat ini berbagai merek rokok tanpa pita cukai tampak bebas dijual dan beredar luas di Kota di Batam. Tidak tahu sampai kapan hal itu akan terus berlangsung, namun bisa dispastikan kalau kegiatan itu telah merugikan negara. (Ag)
Lebih baru Lebih lama