Indah dan Asri, Taman Rusa Sekupang Resmi Dibuka


Indah dan Asri, Taman Rusa Sekupang Resmi Dibuka

Indah dan Asri, Taman Rusa Sekupang Resmi Dibuka
Penanaman pokok jambu saat peresmian Taman Rusa Sekupang, Jumat (18/3/2022) pagi.

Dinamika Kepri, Batam - Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), Muhammad Rudi, meresmikan Taman Rusa Kawasan Jogging Track Sekupang Batam, Jumat (18/3/2022).

Serangkaian acara seremonial dibalut dalam momen kebersamaan tersebut diawali dengan senam pagi bersama para pegawai BP Batam, penandatanganan prasasti Taman Rusa Sekupang, penanaman 5 batang Jambu Biji Merah dan 5 batang Kelengkeng Diamond River, dan pelepasan beberapa ekor ikan patin seberat 7 kilogram, ikan koi dan ratusan benih ikan mas di kolam yang diberi nama Kolam Air Mancur.

Hadir dalam kegiatan, Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau selaku Ketua Persatuan Istri Karyawan BP Batam (PIKORI), Marlin Agustina Rudi, Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto; Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Batam, Jadi Rajagukguk, Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau, Irjen Pol Aris Budiman, Komandan Kodim 0316/Batam, Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan, para Deputi dan Pejabat Eselon BP Batam dan Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

Taman Rusa Sekupang terletak di kawasan Sekupang, tepat berseberangan dengan Guest House Sekupang di Jalan RE. Martadinata. Dengan akses jalan yang baik, masyarakat mampu menjangkau Taman Rusa Sekupang dengan mudah karena menggunakan rute yang sama dengan Rumah Sakit BP Batam (RSBP Batam).

Taman Rusa Sekupang yang mulanya bernama Pusat Kebugaran Persatuan Istri Karyawan Otorita Batam (PIKORI) diresmikan pada tanggal 1 April 2000 dengan fasilitas jogging track sepanjang 1 kilometer dan bangunan serbaguna untuk kegiatan gymnasium dan olahraga badminton.

Dalam perkembangannya, fasilitasnya pusat kebugaran tersebut menambah satwa rusa di sekitar jogging track dan pada tahun 2008 berganti nama menjadi Taman Rusa. Pengembangan Taman Rusa yg signifikan dimulai pada peresmian pertama pada Tahun 2000 peresmian kedua pada tahun 2022.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan Jogging Track Taman Rusa Sekupang akan terhubung ke Taman Kolam Sekupang, yang merupakan rangkaian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan.

“Kami mohon dukungan masyarakat untuk menjadikan Taman Rusa Sekupang menjadi destinasi wisata andalan bagi masyarakat, baik Batam, Kepri, hingga Nasional,” harap Muhammad Rudi.

Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto, mengatakan pengembangan Taman Rusa Sekupang sejalan dangan status BP Batam sebagai Badan Layanan Umum (BLU) yang memiliki Indikator Kinerja Utama (IKU), yakni optimalisasi pengembangan aset dan terobosan.

Terobosan yang diusung oleh BP Batam. yaitu “pengembangan destinasi wisata yang pro lingkungan, pro Usaha Kecil Menengah (UKM) dan pro edukasi”.

“Taman Rusa Sekupang memiliki luas 12 hektare dan kami pilih sebagai lokasi untuk mengusung IKU Terobosan, selain Taman Kolam Sekupang dan Kawasan Fisherism Tanjungriau,” kata Purwiyanto.

Selain sebagai sarana rekreasi, Purwiyanto juga mendorong peningkatan fungsi Taman Rusa Sekupang sebagai spot untuk edukasi berupa camping ground, senam massal, pemotretan pre-wedding dan kegiatan keagamaan lainnya.

Taman Rusa Sekupang dilengkapi dengan jogging track sepanjang 1 kilometer, dua kolam pemancingan, satu kolam budidaya ikan, dan taman bermain anak.

Satwa yang terdapat di Taman Rusa antara lain, 30 ekor rusa, 17 ekor ayam kate, 150 ekor merpati, dan 2 ekor angsa.

Kolam Ikan Air Mancur telah dihiasi ikan koi dan ikan mas. Sedangkan kolam pemancingan telah disemai benih ikan nila dan ikan patin.

Selain itu beberapa spot foto kekinian, seperti artifisial Stonehenge, rumah panggung, rumah pohon, tugu bambu, dan ikon Taman Rusa Sekupang yakni dua patung rusa yang megah dan indah berdiri kokoh di area pintu masuk taman.

Dengan kapasitas halaman parkir hingga 50 kendaraan, Taman Rusa siap memanjakan masyarakat Kota Batam setiap hari, dimulai pukul 06.00-18.00 WIB.

Biaya masuk Taman Rusa Sekupang juga sangat terjangkau. Pada hari Senin hingga Jumat, baik pengunjung dewasa, anak-anak dan pelajar dikenakan tarif Rp 5.000,-

Sedangkan pada akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu, untuk pengunjung dewasa dikenakan tarif Rp 10.000,- dan untuk pengunjung anak-anak dan pelajar dikenakan tarif Rp 5.000,-

Selain pembelian tiket secara manual, BP Batam telah melakukan inovasi untuk memudahkan pengunjung memesan tiket, dengan menyiapkan satu aplikasi khusus pemesanan tiket secara online melalui aplikasi B-Fast yang tersedia di PlayStore dan AppStore.

Untuk 100 pengunjung pertama yang memesan tiket masuk Taman Rusa Sekupang menggunakan aplikasi B-Fast mendapat merchandise menarik dari BP Batam.

Dengan tampilan yang baru, pelayanan digital yang canggih, serta fasilitas wisata yang ciamik, saatnya menjadikan Taman Rusa destinasi rekreasi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Mau healing atau sehat dengan jogging? Tidak perlu pergi jauh. Yuk, kunjungi Taman Rusa Sekupang sekarang!.

(rud)
Lebih baru Lebih lama