Sat Binmas Polresta Barelang Latih Satpam Gunakan Senjata Api


Sat Binmas Polresta Barelang Latih Satpam Gunakan Senjata Api

Sat Binmas Polresta Barelang Latih Satpam Gunakan Senjata Api
Suasana latihan menembak di Lapangan Tembak Merah Putih Polresta Barelang, Jumat (3/12/2021).

Dinamika Kepri, Batam - Sat Binmas Polresta Barelang memberikan pelatihan pengenalan senjata api dan praktek latihan dasar menembak bagi peserta Satpam Gada Medya PT. Siaga Jaya. Pelatihan ini dilakukan di Lapangan Tembak Merah Putih Polresta Barelang, Jumat (3/12/2021).

Kegiatan berlangsung dipimpin Kasat Binmas AKP Mangiring Hutagaol dihadiri Wakasat Binmas Polresta Barelang Akp Betty Novia, personil Sat binmas Polresta Barelang, personil Satsamapta, personil Provos dan Sidokes Polresta Barelang.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan menembak ini yakni sebanyak 25 peserta. Para peserta diberikan materi pengenalan senjata api, latihan teori menembak, praktek menembak, latihan perkenaan 3 butir amunisi dan praktek menembak penilaian 5 butir amunisi.

Terkait kegiatan itu, Kapolresta Barelang KBP Yos Guntur melalui Kasat Binmas AKP Mangiring Hutagaol mengatakan, bahwa pemberian arahan pengenalan dasar penggunaan senjata api itu telah diatur di dalam Perkap Nomor : 1 Tahun 2009, Tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian.

Lanjut Kasat Binmas, penggunaan senjata api dapat digunakan apabila dapat mengancam jiwa masyarakat yang dapat menimbulkan luka parah atau kematian, Senjata api dapat dilakukan dengan atau tanpa diawali peringatan atau perintah lisan apabila sudah mengancam jiwa masyarakat. Senjata api juga dapat digunakan untuk menghentikan tindakan/perbuatan pelaku kejahatan/tersangka.

Lebih lanjut dikatakannya, Satpam atau Pam Swakarsa merupakan ujung tombak pengamanan yang harus dilatih agar memiliki kemampuan yang standar saat bertugas.

"Dan sangat mendukung kegiatan ini, karena Satpam atau Pam Swakarsa merupakan ujung tombak pengamanan. Kami akan menyediakan instruktur terbaik dalam pelatihan Satpam. Hal ini agar Satpam di Kota Batam memiliki kemampuan yang standar terhadap tugasnya," ujar Kasat Binmas AKP Mangiring, SH.

Lanjutnya, Satpam merupakan sebuah profesi kepanjangan tangan dari Polri sehingga Satpam harus memiliki kompetensi.

"Berikan contoh yang baik dan serius supaya rekan-rekan Satpam memiliki rasa percaya diri dan tidak ragu dalam bertugas di lapangan, Karena Satpam merupakan sebuah profesi kepanjangan tangan dari Polri, sehingga perlu mendapatkan kompetensi dan legalitas," tutupnya. (Ril)
Halaman :

Lebih baru Lebih lama