Header Ads Widget

Sidang Perkara Dugaan Penipuan, Terdakwa Surya Sugiharto Dituntut JPU 3 Tahun Penjara

Sidang Perkara Dugaan Penipuan, Terdakwa Surya Sugiharto Dituntut JPU 3 Tahun Penjara
Majelis hakim saat sidang virtual terdakwa Surya Sugiharto, di PN Batam.

Dinamika Kepri, Batam - Sidang perkara dugaan tindak pidana penipuan terdakwa Surya Sugiharto terhadap Murni Megawati Sihaloho, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Kamis (4/10/2021).

Dalam sidang agenda tuntutan yang dilakukan secara virtual ini, terdakwa Surya Sugiharto dituntut Jaksa Penuntut Umun (JPU) dengan pidana hukuman selama 3 tahun penjara dikurangi dengan selama terdakwa ditahan.

Oleh JPU Mega Tri Astuti, di dalam amar surat tuntutan, terdakwa diterapkan pasal sebagaimana diatur dan diancam pidana melanggar pasal 378 KUHP. Sedangkan untuk barang bukti dalam perkara ini, baca JPU dikembalikan kepada saksi Murni Megawati Sihaloho.

"Menuntut supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Batam yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan, menyatakan terdakwa Surya Sugiharto bersalah melakukan tindak pidana "penipuan" sebagaimana diatur dan diancam pidana melanggar Pasal 378 KUHP. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama tiga tahun dikurangi selama terdakwa ditahan," baca JPU Mega Tri Astuti dalam amar surat tuntutan.

Terhadap tuntutan itu, kepada majelis hakim, Penasehat Hukum (PH) terdakwa mengatakan, pihaknya akan melakukan pembelaan (pledoi) terhadap terdakwa.

Setelah mendengarkan tuntutan terhadap terdakwa, kemudian majelis hakim menjadwalkan sidang berikutnya pada tanggal 11 November 2021 mendatang dengan agenda pembelaan terhadap terdakwa.

Dalam perkara ini, terdakwa Surya Sugiharto disidangkan karena sebelumnya telah dilaporkan Murni Megawati Sihaloho ke polisi.

Murni mengaku, ia melaporkan Surya Sugiharto ke polisi karena dirinya merasa tertipu, sebab janji terdakwa untuk membangun Perumahan sebanyak 258 unit rumah di atas lahan 2,5 hektar dengan nama Green Lake Kabil di Punggur Kabil, Nongsa, Batam, tak kunjung dibangun.

Dalam perkara ini, JPU sebelumnya mendakwa terdakwa Surya Sugiharto sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 378 KUHP atau kedua sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 372 KUHP. (Ag)