Sidang Dugaan Penipuan, Terdakwa Surya Sugiharto Divonis 2 Tahun 6 Bulan


Sidang Dugaan Penipuan, Terdakwa Surya Sugiharto Divonis 2 Tahun 6 Bulan

Sidang Dugaan Penipuan, Terdakwa Surya Sugiharto Divonis 2 Tahun 6 Bulan
Foto sidang virtual saat sidang putusan terdakwa Surya Sugiharto di PN Batam, Senin (29/11/2021). 

Dinamika Kepri, Batam - Terkait tidak terbangunnya perumahan Green Kabil, terdakwa Surya Sugiharto pada sidang perkara dugaan tindak pidana penipuan terhadap Murni Megawati Sihaloho, divonis 2 tahun dan 6 bulan penjara oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam, Senin (29/11/2021) siang.

Dalam amar putusan, majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah sebagaimana dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Vonis yang dihatuhkan hakim terhadap terdakwa yakni 6 bulan lebih ringan dari tuntutan JPU yang sebelumnya menuntut terdakwa 3 tahun penjara.

Terhadap putusan itu, kepada majelis hakim penasehat hukum terdakwa mengatakan pikir-pikir. Begitu juga dengan JPU, juga mengatakan demikian.

Menerima jawaban itu, kemudian hakim ketua majelis yang memimpin sidang, memberikan waktu pikir-pikir selama 7 hari kepada penasehat hukum terdakwa dan JPU.

Dalam perkara ini, terdakwa Surya Sugiharto disidangkan karena sebelumnya telah dilaporkan saksi korban Murni Megawati Sihaloho ke polisi.

Murni mengaku, ia melaporkan Surya Sugiharto ke polisi karena dirinya merasa tertipu, sebab janji terdakwa untuk membangun Perumahan sebanyak 258 unit rumah dengan nama Green Lake Kabil di Punggur Kabil, Nongsa, Batam, tak kunjung dibangun.

Dalam perkara ini, JPU sebelumnya mendakwa terdakwa Surya Sugiharto sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 378 KUHP atau kedua sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 372 KUHP. (Ag)
Halaman :
Lebih baru Lebih lama