Header Ads Widget

Sidang Lanjutan Terdakwa Surya Sugiharto, Janto: Lahan Itu Milik PT. Graha Kawitaria Barelang

Sidang Lanjutan Terdakwa Surya Sugiharto, Janto Lahan Itu Milik Saya
Murni Megawati (korban) saat mengikuti sidang secara virtual dari gedung Kejari Batam.

Dinamika Kepri, Batam - Persoalan lahan, sidang terdakwa Surya Sugiharto Direktur PT. Peramba Batam Expresco dugaan tindak pidana penipuan, kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Batam dengan agenda pemeriksaan saksi, Senin (11/10/2021).

Pada sidang pemeriksaan saksi yang dilakukan secara virtual ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Mega Tri Astuti menghadirkan saksi Ninggor Sitorus dan saksi Janto selaku Direktur PT. Graha Kawitaria Barelang.

Saat memberikan kesaksiannya, saksi Janto kepada majelis hakim mengatakan, bahwa pemilik lahan itu adalah PT. Graha Kawitaria Barelang. Saksi juga mengatakan bahwa dirinya memiliki dokumen autentiknya. Selain itu, Janto juga mengatakan, saat ada aktifitas dilahan itu, juga pernah dilarangnya.

Setelah mendengarkan keterangan dari kedua saksi, majelis hakim kemudian menjadwalkan waktu untuk melihat langsung lokasi lahan jadi persoalan tersebut.

Dalam perkara ini, oleh JPU terdakwa Surya Sugiharto didakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 378 KUHP atau kedua sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 372 KUHP.

Sebelumnya, terdakwa Surya Sugiharto dilaporkan Murni Megawati (korban=red) selaku Direktur PT. Gracia Mandiri Jaya ke polisi.

Terdakwa dilaporkan karena diduga tidak menunaikan kewajibannya untuk membangun rumah, sementara Murni Megawati selaku marketing mengaku telah menyetorkan sejumlah kepada terdakwa selaku pihak yang mengaku sebagai pemilik lahan.

Rencananya, lahan seluas 2,5 hektar di Punggur Kabil, Nongsa itu akan dibangun rumah sebanyak 258 unit dengan nama Perumahan Green Lake Kabil. (Ril)