Header Ads Widget

Lahan Hutan di Bukit Dangas Digunduli, Diduga Akan Dibuat KSB

Lahan Hutan di Bukit Dangas Digunduli, Diduga Akan Dibuat KSB
Kondisi lahan.

Dinamika Kepri, Batam - Sekitar kurang lebih 4 hektar lahan kosong di kawasan Bukit Dangas, Keluarahan Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam, Kepri, saat ini terlihat telah bersihkan dari segala pepohonan, Senin (18/10/2021) siang.

Diduga lahan tersebut akan dibuat kavling-kavling atau Kavling Siap Bangun (KSB).

Pantuan awak media ini di lokasi, selain pohon yang dulunya terlihat rindang, kini bukit itu telah gundul dari pepohonan dan rawan longsor.

Tak hanya itu, di lokasi juga terlihat dua alat berat berupa satu beko dan satu buldoser.

Sampai berita ini dimuat, belum diketahui siapa pihak yang telah mengguduli hutan tersebut.

Pantuan di lokasi, tidak ada aktifitas, yang terlihat hanya seseorang yang menjaga alat berat. Diduga pematangan lahan dilakukan pada malam.

Petugas Ditpam BP Batam saat memeriksa izin kegiatan pematangan lahan.

Sebelumnya, pada hari Rabu tanggal 6 Oktober 2021 malam, aktifitas pematangan lahan ini juga pernah dihentikan oleh Ditpam BP Batam, namun tidak diketahui pasti, mengapa alat berat tersebut masih berada di lokasi.

Pantuan media ini areal Sekupang, pematangan lahan untuk pemukiman terus terjadi, padahal ada larangan dari BP Batam sebagaimana tertuang di Perka Nomor 27 tahun 2017 bahwa BP Batam tidak lagi memberikan izin untuk lahan rumah tapak dengan alasan lahan di Batam sudah cukup terbatas.

Meski sudah ada larangan dari BP Batam, namun pada kenyataannya masih terus terjadi. Aturan terkesan hanya ada di atas kertas, tidak sesuai dengan kenyataan. (Ag)

Bersambung...