Header Ads Widget

DPRD Batam Rencanakan Bayar Jasa Parkir Via Aplikasi dan Bank, Rubina Situmorang: Jukir Akan Digaji Bulanan

DPRD Batam Rencanakan Bayar Jasa Parkir Via Aplikasi dan Bank, Rubina Situmorang: Jukir Akan Digaji Bulanan
Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Ir. Rubina Situmorang.

Dinamika Kepri, Batam - Terkait rencana pengalihan pembayaran jasa parkir dari tunai ke via aplikasi atau Bank yang akan digagas oleh Komisi II DPRD Kota Batam, salah satu Juru Parkir (Jukir) di bilangan Batam Center menanggapinya, dan menyambut baik rencana tersebut, Selasa (13/7/2021) malam.

Kata Jukir yang tidak mau disebut namanya itu mengatakan, dirinya mendukung program itu.

"Sebenarnya rencana itu sebelumnya sudah pernah disampaikan, namun enggak tahu juga kenapa sampai saat ini belum berjalan. Ya kalau memang pengguna parkir membayarnya melalui aplikasi atau Bank, saya setuju saja dan itu tidak ada masalah, karena bagaimanapun kita sebagai pekerja juru parkir harus taat pada aturan yang berlaku," katanya.

Kata dia, jika nantinya program itu berjalan, pintanya agar dirinya juga diikutsertakan sebagai pekerja Jukir di Batam.

Sebelumnya di tempat terpisah, menurut anggota komisi II DPRD Batam Ir. Rubina Situmorang, jika program itu berjalan, perekrutan Jukir akan dilakukan dan para Jukir nantinya akan digaji setiap bulannya.

"Akan ditata kembali dan dilakukan perekrutan Jukir sesuai mikanismenya, dan para Jjukir yang sebelumnya telah terdaftar, juga tidak automastis akan terekrut," kata Rubina Situmorang, Selasa (13/7/2021) siang di Kantor DPRD Batam.

Selain itu, ia juga membenarkan bahwa kebanyakan petugas Jukir yang terlihat di lapangan selama ini bukanlah Jukir yang terdaftar.

"Benar, yang kita ketahui selama ini, mereka yang menjaga parkir itu kebanyakan bukan Jukir yang terdaftar. Mereka dipekerjakan yang oleh Jukir terdaftar, sehingga mereka yang terdaftar kesannya seperti raja-raja kecil yang hanya tinggal terima setoran saja," ucap Rubina Situmorang, Selasa (13/7/2021) siang di Kantor DPRD Batam.

Kata dia, pembayaran jasa parkir via apalikasi atau Bank akan lebih praktis sehingga retribusinya akan bisa lebih maksimal.

Terkait berapa jumlah nominal angka gaji bulanan yang akan diterima juru parkir nantinya, kata Rubina itu akan disesuaikan dengan peraturan.

" Kalau soal mengenai angkanya, itu nantinya akan disesuaikan dengan peraturan di Kota Batam," ujarnya.

Tambah Rubina lagi, pembayaran jasa parkir melalui aplikasi atau Bank kata dia, selain akan lebih maksimal dan praktis, juga dapat mengurangi maraknya premanisme.

"Program itu nantinya juga akan mendukung program Kapolri untuk mengurangi maraknya premanisme di Kota Batam. Tak hanya, kita juga melihat ada beberapa oknum Jukir yang melanggar autran dengan memungut uang parkir di luar jam operasinya, nah ini juga yang mau ditertibkan," tutup Rubina. (Ag)