Header Ads Widget

Warga Minta Perusahaan di Batamindo dan Panbil Prioritaskan Pekerja dari Kawasan Sei Beduk

Warga Minta Perusahaan di Batamindo dan Panbil Prioritaskan Pekerja dari Kawasan Sei Beduk
Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Ruslan Ali Wasyim.

Dinamika Kepri, Batam - Perwakilan warga Sei Beduk meminta agar perusahaan di Kawasan Batamindo, Mukakuning dan Panbil supaya memprioritaskan rekrutmen pekerja berasal dari kawasan Sei Beduk.

Menurut mereka, perusahaan belum pernah secara serius berkomitmen memperhatikan taraf kehidupan warga yang benar-benar bersempadan dengan kawasan industri itu.

"Kami menganggap perlu ada penyampaian terhadap pemilik kawasan dan tenan-tenan yang ada di tiga kawasan besar itu agar benar-benar memperhatikan warga sekitar. terkhusus dalam hal rekrutmen," kata Anwar Anas selaku juru bicara perwakilan warga.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar pada Kamis, (17/6/2021) di ruang serba guna DPRD kota Batam itu, Anwar Anas memaparkan bentuk CSR perusahaan bukan hanya mengenai meteril dan infrastruktur pembangunan, melainkan juga dengan memberikan kesempatan bekerja terhadap warga di sekitar perusahaan.

"Meskipun tautan undang-undang-undang tak secara langsung mengikat aturan rekrutmen untuk warga sekitar, tapi dampak dari kegiatan perusahaan yang paling merasakan langsung adalah warga terdekat, baik dampak lingkungan maupun dampak sosial," lanjut dia.

Selain meminta memperkerjakan warga Sei Beduk, Anwar juga meminta agar perusahaan juga memprioritas pekerja ber KTP Batam dan melakukan penghentian rekrutmen pekerja dari luar kota.

"Di Batam masih banyak usia produktif yang belum bekerja dan sulit mendapatkan pekerjaan, dan masih ada juga perusahaan yang malah melakukan rekrutmen dari luar daerah. Ini bertentangan dan harus dihentikan,"tegasnya.

RDP yang digelar oleh DPRD kota Batam dengan Beberapa kawasan industri dan HRD-HRD perusahaan itu dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD dan Ketua Komisi IV DPRD.

Wakil Ketua II DPRD kota Batam, Ruslan Ali Wasyim menyebutkan bahwa pihaknya mendukung agar kawasan dan tenan-tenan dapat mengakomodir permintaan warga sebagai bentuk kepedulian terhadap linkungan. Dia juga meminta agar perwakilan warga yang datang dapat melakukan kunjungan lanjutan ke perusahaan-perusahaan yang ada di 3 kawasan untuk berbicara lebih jauh.

GM Operasional Kawasan Panbil, Iskandar Alamsyah justru sangat mengapresiasi penyampaian yang dilakukan perwakilan warga melalui Anwar Anas. Dia menyebutkan bahwa penyampaian yang kondusif akan mendapatkan respon yang positif.

Termaksud kawasan Panbil, Iskandar berjanji akan menyampaikan himbauan kepada tenan-tenan yang ada untuk melaksanakan prioritas rekrutmen untuk warga setempat.

"Nanti kami akan himbau agar tenan-tenan kami didalam kawasan mau mengakomodir permintaan warga ini," kata dia.

Untuk diketahui, dalam RDP tersebut hadir juga Perwakilan Dari Disnaker Batam,Perwakilan dari Polsek Sei Beduk dan Perwakilan dari Kecamatan Sei Beduk dan beberapa HRD dari PT di Kawasan Panbil, Batamindo dan Mukakuning. (Red/Exp)