Header Ads Widget

Kecelakan Kerja, Seorang Pekerja di Marcopolo Shipyard Dikabarkan Meninggal Dunia

Kecelakan Kerja, Seorang Pekerja Las di Marcopolo Shipyard Meninggal Dunia
Dinamika Kepri, Batam – Kecelakaan kerja kembali terjadi di PT.Marcopolo Shipyard Batuaji. Dalam kecelakaan tersebut dikabarkan bahwa seorang pekerja bernama Calvin Alfahrizi meninggal dunia akibat terjatuh dari tangga kapal pada Senin (19/4/ 2021) siang yang lalu.

Informasi didapatkan bahwa Kelvin bekerja sebagai tukang las dan baru empat hari bekerja di galangan kapal tersebut, terjatuh di lokasi perusahaan saat melakukan pekerjaannya dan kemudian meninggal dunia di Rumah Sakit Graha Hermine Batu Aji Kota Batam, Kepri.

Terkait Laka kerja itu, Kepala Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Dinas Pengawasan Ketenagakerjaan Kepri, DR Sudianto M.Sc mengatakan, bahwa sampai saat ini pihak menejemen PT Marcopolo Shipyard Batuaji Kota Batam melaporkannya ke pihak mereka.

"Belum ada. Sampai saat ini pihak perusahaan belum melaporkan terkait laka kerja yang terjadi di sana," kata DR Sudianto, Rabu (21/2021).

Dikatakannya, pelaporan kecelakaan kerja karyawan ini seharusnya bahwa setiap perusahaan memiliki kewajiban untuk melaporkan setiap kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja yang menimpa karyawan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, juga wajib dilaporkan pada dinas yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan setempat. Pelaporan harus dilakukan tidak lebih dari 2 kali 24 jam sejak terjadinya kecelakaan sebagai tahap I.

Lanjut dia, pihak perusahaan harus melaporkan kecelakaan atau penyakit akibat kerja yang menimpa karyawan kepada BPJS Ketenagakerjaan dan dinas terkait tidak lebih dari 2 kali 24 jam sejak karyawan dinyatakan sembuh, cacat, atau meninggal dunia sebagai laporan tahap II.

"Laporan tersebut harus berdasarkan surat keterangan dokter yang menerangkan bahwa karyawan yang bersangkutan meninggal dunia," ucapnya. (Ril)