Header Ads Widget

Gelar Sidang Pantukhirda, Danlantamal IV: Seleksi Upaya untuk Menemukan Bibit Calon SDM yang Handal

Gelar Sidang Pantukhirda, Danlantamal IV: Seleksi Upaya untuk Menemukan Bibit Calon SDM yang Handal
Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto (kanan) saat melakukan penilaian terhadap calon prajurit wanita.

Dinamika Kepri, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto memimpin pelaksanaan sidang Penentuan Akhir Daerah (Pantukhirda) Tanjungpinang terhadap Calon Bintara Prajurit Karir (Caba PK) Pria dan Wanita serta Calon Tamtama Prajurit Karir (Cata PK) Gelombang I Tahun 2021.

Acara dilakukan di Gedung Serba Guna (GSG) Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No 1 Batu Hitam Tanjungpinang, Kepri, Rabu (31/3/2021) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Wadanlantamal IV Kolonel Marinir Andi Rahmat M selaku Wakil Ketua Panda IV Tanjungpinang, Asintel Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Muhammad Nizar Gadafi selaku Katim Mental Idiologi, Kadisminpers Lantamal IV Letkol Marinir Dadang Solahudin selaku Katim Rikmin, Kadiskes Lantamal IV Mayor Laut (K) Muji Wilestanto selaku Katim Kesehatan dan Panda IV Tanjungpinang lainnya.

Selaku Sekretaris Panitia Daerah (Panda) IV Tanjungpinang, Aspers Danlantamal IV Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari mengawali acara tersebut dengan paparan pelaksanaan seleksi. Kemudian, selaku Ketua Panda IV Tanjungpinang Danlantamal IV, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto juga memberikan pengarahan dan dilanjutkan dengan pernyataan pembukaan sidang Pantukhirda, pembacaan doa, pelaksanaan Pantukhirda, pembahasan lulus tidak lulus serta pernyataan penutupan sidang.

Dalam arahannya Danlantamal IV mengatakan, sebagai salah satu fungsi strategis, kegiatan itu merupakan momen penting untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas, untuk dibentuk dan dikembangkan menjadi prajurit yang profesional, bermoral dan berani.

"Hanya prajurit yang memiliki integritas karakter dan jati diri yang kokoh yang dapat meningkatkan performa TNI Angkatan Laut di masa yang akan datang," tegas Danlantamal IV.

Lebih lanjut dikatakannya, seleksi daerah yang telah dilakukan selama beberapa minggu ini, ungkapnya, telah diupayakan untuk menemukan bibit-bibit calon SDM yang handal.

Selain itu Danlantamal juga mengajak agar panitia saat pemberian penilaian berdasarkan parameter.

"Marilah kita cermati secara seksama kondisi riil para calon yang mengikuti sidang pantukhir, dan memberikan penilaian berdasarkan parameter dan prasyarat yang telah ditentukan," pesannya.

Sebagai informasi jumlah Caba PK Pria/Wanita dan Cata PK yang mendaftar sebanyak 333 orang sampai pada tingkat Pantukhir berjumlah 78 orang kemudian dari hasil sidang pantuhirda yang dinyatakan lulus untuk Caba PK Pria sebayak 25 orang kemudian Caba PK Wanita sebanyak 8 orang dan Cata PK sebanyak 22 orang ditambah 15 orang dari Caba PK yang tidak lulus lalu dimasukan ke Cata PK. (Ril)