Header Ads Widget

Bawa Kabur Motor dari Showroom, Pria ini Ditangkap Polisi

Bawa Kabur Motor dari Showroom, Pria ini Ditangkap Polisi
Pelaku RA.

Dinamika Kepri, Batam - Seorang pria berinisial RA (22) akhirnya berhasil ditangkap polisi dari Polsek Sei Beduk, Batam, Kepri. RA ditangkap karena telah membawa kabur satu unit sepeda motor dari showroom motor seken milik korban inisial K (55) di Ruko Griya Piayu Asri Kelurahan Mangsang Kecamatan Sei Beduk Kota Batam pada hari Selasa (20/04/2021) lalu.

Motor dibawa kabur saat melakukan uji coba atau tes drive. Setelah tes drive, bukannya dikembalikan, malah dibawa kabur, dan tak membutuhkan waktu lama, unit Opsnal Reskrim Polsek Sei Beduk yang dipimpin oleh kanit Reskrim Polsek Sei Beduk Ipda. Budi Santosa, SH kemudian berhasil mengamankan pelaku di Ruko Griya Asri, Kecamatan Sungai Beduk - Kota Batam, Senin (26/04/2021) sekira pukul 11:30 Wib.

Terkait penangkapan itu, Kapolresta Barelang Kombes Pol Yos Guntur membenarkan adanya dugaan tindak pidana penipuan dengan penggelapan yang di lakukan oleh pelaku berinisial RA.

"Iya benar, saat ini pelaku sudah diamankan oleh unit reskrim Polsek Sei Beduk untuk penyelidikan lebih lanjut," ucapnya.

Menjelaskan kronologisnya, Kanit Reskrim Polsek Sei Beduk Ipda. Budi Santosa mengatakan, saat itu seorang karyawan showroom sepeda motor yang tengah jaga, didatangi pelaku dengan mengemudikan mobil Honda Brio warna hitam BP 1247 FF. Kemudian pelaku menanyakan harga motor Honda Beat Warna Putih BP 3769 HI. Lalu pelaku meminta ingin mencoba sepeda motor itut dengan meninggalkan mobil Honda Brio beserta kuncinya sebagai jaminannya.

"Katanya mobil tersebut milik pelaku, sehingga pelapor percaya dan mempersilahkan pelaku untuk tes drive sepeda motor tersebut. Namun setelah ditunggu-tunggu pelaku tidak datang mengembalikan sepeda motornya," ungkapnya.

Lanjutnya, tidak lama kemudian ada datang orang yang mengaku dari rental mobil Auto Speed yang memberitahukan kepada pelapor bahwa mobil Honda Brio BP 1247 FF tersebut di rental oleh pelaku.

"Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp 11 juta. Dan selanjutnya pelapor melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Sei Beduk," paparnya.

Menindak lanjuti laporan korban penipuan dengan penggelapan, pada hari Senin (26/04/2021), sekira Pukul 11.30 Wib Unit opsnal Reskrim Polsek Sei Beduk mendapatkan informasi dari pelapor bahwa terduga pelaku berada di daerah Bida Ayu Pintu dua setengah, Kelurahan Mangsang Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam.

Berdasarkan informasi tersebut Unit Opsnal langsung meluncur ke Bida Ayu. Sesampainya di sana, ternyata memang benar terduga pelaku sedang berada di tempat kos-kosan temannya di Bida Ayu Pintu dua setengah.

"Dengan gerak cepat pelaku berhasil diamankan, dan pelaku kemudian dibawa ke Polsek Sei Beduk guna proses lebih lanjut," ucapnya.

Dari pelaku, polisi mengamankan barang bukti 1 unit sepeda motor honda beat warna putih BP 3769 HI dan STNK asli sepeda moBP 3769 HI. (Ag/Exp)