Header Ads Widget



Terkait Kekosongan Wakil, Walikota Rahma: Tidak Ada Unsur Kesengajaan untuk Memperlambat

Terkait Kekosongan Wakil, Walikota Rahma: Tidak Ada Unsur Kesengajaan untuk Memperlambat
WalikotaTanjungpinang, Hj. Rahma S.IP.

Dinamika Kepri, Tanjungpinang - Usai mengikuti sidang paripurna LKPJ Walikota Tanjungpinang Tahun 2020, Walikota Hj. Rahma saat menyampaikan sambutannya dihadapan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Sekda, Staf ahli, Asisten, Kabag, Camat dan Lurah, terkait kekosongan wakil walikota Tanjungpinang saat ini ia mengatakan, tidak ada unsur kesengajaan atau untuk memperlambatnya.

“Tidak ada unsur kesengajaan untuk memperlambat. Surat jawaban hasil koordinasi saya terima hari jumat lalu, dan hari ini saya akan serahkan kepada DPRD untuk tindak lanjut selanjutnya,” kata Rahma di ruang sidang paripurna DPRD Tanjungpinang, Rabu (31/3/2021).

Rahma juga menjelaskan, dirinya menjabat sebagai walikota definitif baru 6 bulan, dan selama rentang waktu itu ia terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk mendapatkan petunjuk dan mekanisme terkait dengan proses pengisian kekosongan jabatan Wakil Walikota Tanjungpinang sisa masa jabatan tahun 2018-2023.

Menurut undang-undang, pengisian kekosongan wakil walikota dilakukan melalui mekanisme pemilihan oleh DPRD berdasarkan usulan dari partai politik atau gabungan partai politik pengusung. Partai politik atau gabungan partai politik pengusung mengusulkan dua orang calon kepada DPRD melalui walikota untuk dipilih dalam rapat paripurna DPRD.

Berdasarkan aturan tersebut, Rahma meneruskan usulan gabungan partai politik terkait calon wakil walikota untuk dipilih dalam paripurna sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 2 nama tersebut yakni Endang Abdullah dari Partai Gerindra dan Ade Angga dari Partai Golkar.

Untuk memilih satu dari dua calon, Rahma mengatakan, sepenuhnya mempercayakannya kepada seluruh anggota DPRD Tanjungpinang.

“Saya titip amanah ini kepada seluruh anggota DPRD sebagai perwakilan mayarakat Tanjungpinang, pilihlah yang terbaik. Sesuai kata hati nurani, saya ingin siapapun yang terpilih, untuk dapat bersama meneruskan perjalanan pemerintah kota tanjungpinang dan untuk kebaikan seluruh masyarakat Tanjungpinang,” pesan Rahma

Usai memberikan sambutan, Rahma kemudian menyerahan surat pengusulan calon walikota secara langsung kepada ketua DPRD Kota Tanjungpinang didampingi wakil ketua I, wakil ketua II, Sekda Kota Tanjungpinang, Asisten dan jajaran pemerintah Kota Tanjungpinang. (Ril)