Header Ads Widget



Bhabinkamtibmas Polsek Bintan Timur Ingatkan Masyarakat: Jangan Buka Lahan dengan Cara Membakar

Bhabinkamtibmas Polsek Bintan Timur Ingatkan Masyarakat: Jangan Buka Lahan dengan Cara Membakar

Dinamika Kepri, Bintan - Memasuki musim kemarau saat ini, ditemukan di banyak tempat di wilayah Kabupaten Bintan yang mengalami kebakaran hutan dan lahan.

Kebakaran hutan dan lahan itu disebabkan oleh cuaca terlalu panas, maupun karena ulah manusia. Kemudian dengan dasar itu, Kanit Binmas Polsek Bintan Timur memberikan Iptu Susetyo bersama Bhabinkamtibmas memberikan himbauan ke masyarakat himbauan tentang Karhutla kepada masyarakat kelurahan Sungai Enam. Ia meminta agar tidak membersihkan atau membuka lahan dengan cara membakar lahan.

"Membuka lahan dengan cara membakar, dampaknya akan merusak lingkungan dan yang merusak alam serta dapat menimbulkan polusi udara yang dapat mengganggu pernafasan maupun aktivitas masyarakat lainnya," kata Iptu Susetyo, Kamis (11/3/2021).

Susetyo juga dengan tegas mengingatkan masyarakat, ia mengatakan, bahwa bagi yang membuka lahan dengan cara membakar, selain membahayakan kebakaran hutan, pelaku juga dapat dipadana dan dikenakan hukuman kurungan selama 10 tahun dan denda maksimal Rp.10 milyar berdasarkan UU No 32 tahun 2009 pasal 108.

Iptu Susetyo juga mengharapkan, agar apa yang disampaikannya saat itu, dapat dimengerti seluruh masyarakat Kabupaten Bintan khususnya kelurahan Sungai Enam.

"Karena saat ini Kabupaten Bintan memasuki musim kemarau, tentu hal tersebut sangat mudah terjadi. Kebakaran akan menyebabkan masalah berupa gangguan pernafasan dan terganggunya aktivitas masyarakat." tutupnya. (Ril)