Header Ads Widget

Tukar Hadiah ke Uang, Begini Trik Gelper Hindari Kesan Judi

Foto saat polisi melakukan penggerebekan salah satu lokasi Gelper di bilangan Nagoya, Batam beberapa waktu lalu

Dinamika Kepri, Batam - Jika anda warga Batam yang gemar menghabiskan waktu bermain di arena Gelangang Permainan (Gelper) Elektonik untuk mencoba peruntungan, tentu tidak akan sulit bagaimana cara menukarkan hadiah permainan ke uang. 


Akan tetapi jika anda masih pemula, tentu pasti akan mengalami kesulitan, namun jangan khawatir, pasti akan ada yang akan mengarahkan di mana tempat penukarannya, bisa dibilang itu pelayanan untuk jaga pelanggan.


Dalam artikel ini, kita tidak membahas soal perizinannya, akan tetapi di sini membahas bagaimana cara dan trik pengusaha Gelper menghindari kesan praktek judi pada usahanya.


Adapun trik yang dilakukan antara lain:

  1. Mesin permainan menggunakan coin.
  2. Cansel kemenangan akan diberikan ada yang berupa Cart dan ada yang berupa kupon.
  3. Cart atau kupon, kemudian ditukarkan di meja kasir.
  4. Kemudian kasir memberikan hadiah berupa barang sesuai nilai Cart atau kupon yang ditukarkan.
  5. Hadiah yang diberikan bisa rokok atau berupa Hand phone.
  6. Kemudian untuk menukarkan hadiah ke uang, penukaran dilakukan di luar lokasi Gelper. Biasanya jarak tempat penukaran hadiah bisa 50 sampai 100 meter dari lokasi Gelper.
  7. Berapa pun hadiah barang yang ditukarkan, pasti akan dibayar.
  8. Kemudian, hadiah barang yang ditukarkan itu dikumpulkan oleh yang mengaku pengepulnya, dan malam atau esoknya, hadiah barang itu akan kembali lagi ke meja kasir. Begitulah seterusnya berputar-putar seperti gasing.


Trik di atas rata-rata digunakan oleh pihak pengusaha lokasi Gelper untuk menghindari kesan praktek judi. 


Namun ada juga sebagian lokasi Gelper yang tidak memakai salah satu trik di atas alias praktis yakni dengan tidak menggunakan coin, karena Gelper yang menggunakan coin biaya operasinya lebih besar dibanding yang tidak memakai coin, karena yang memakai coin akan lebih banyak mempekerjakan orang dibandingkan yang tidak menggunakan coin. Itu saja perbedaannya, untuk trik yang lainnya, cara kerjanya semua sama.


Tidak tahu siapa yang menciptakan trik-trik tersebut, dan memnag terbukti trik itu sangat ampuh dan mampu membuat Gelper bisa bertahan tetap buka sepanjang masa bahkan terus tumbuh menjamur di setiap sudut Kota Batam.


Trik di atas sangat tidak praktis dan menyita waktu, akan tetapi jika tidak melakukannya, atau melakukan cara praktis dengan cara cash money di tempat, tentu akan terlihat sangat vulgar praktek judinya. Begitulah trik di dunia perkeliruan. (*)