Tingkatkan Kemampuan dalam Penyelamatan, Satrol Lantamal IV Kembali Gelar Latihan SAR

Satuan Patroli Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Satrol Lantamal) IV kembali menggelar Latihan Pencarian Dan Penyelamatan (SAR)
Suasana latihan penyelamatan korban hanyut.

Dinamika Kepri, Bintan - Satuan Patroli Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Satrol Lantamal) IV kembali menggelar Latihan Pencarian Dan Penyelamatan (SAR) di Laut Tahun 2020 di perairan Dermaga TNI Angatan Laut Mentigi Tanjung Uban, Bintan, Kepri, Jumat (11/12/2020)


Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini merupakan latihan rutin yang diselenggarakan oleh Lantamal IV untuk para prajurit pengawak KRI dan KAL dijajaran Satrol Lantamal IV.


Peserta latihan Pencarian dan Penyelematan kali ini diikuti oleh 60 orang Prajurit jajaran Satrol Lantamal IV, dengan pelatih yang sudah berpengalaman di bidangnya yaitu dari Kantor Perwakilan Pencarian dan Penyelamatan, Tanjungpinang.


Skenario latihan yang dilakukan adalah  bahwa ada satu buah kapal nelayan hilang berdasarkan informasi dari Kantor Pencarian dan Penyelamatan, Tanjungpinang. 


Dari informasi kemudian, atas perintah pimpinan KAL Marapas I-4-65 kemudian melakukan Manufer Lapangan (Manlap) untuk pencarian dan penyelamatan. Lalu setelah beberapa jam pencarian akhir dapat di temukan dua orang nelayan yang terapung di atas air.


Selanjutnya KAL Marapas I-4-65 mengeluarkan skoci untuk penyelamat kedua orang nelayan tersebut, akhirnya kedua nelayan tersebut dapat diselamatkan tentunya dengan pertolongan pertama sesuai dengan teori yang sudah didapat.


Terkait latihan itu, di tempat yang berbeda, Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal IV Tanjungpinang, Mayor Marinir Saul Jamlaay mengatakan, latihan yang dilakukan karena sering menghadapi hal-hal demikian.


"Latihan  ini sangatlah baik, karena sering terjadi kasus-kasus seperti ini apabila sedang dalam tugas patroli,” ujarnya.


Lebih jauh dikatakannya, setiap peserta latihan harus mencoba bagaimana merasakan saat diperintahkan pimpinan untuk melaksanakan pertolongan kepada orang yang perludi selamatkan.


Ia berharap latihan itu dapat berjalan dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga nantinya saat pada pelaksanaannya, dapat berjalan sesuai dengan rencana, serta akan disempurnakan SOP tentang tahapan pencarian dan penyelamatan. 


Ia juga mengatakan bahwa saat ini  TNI Angkatan Laut juga sedang membangun reformasi birokrasi.


Hadir dalam latihan tersebut, dihadiri oleh Dansatrol Lantamal IV Letkol Laut (P) Arif Prasetyo, SE, Dan KRI Krait-827, Dan KRI Silea-858, Dan KRI Sigurot-864, Dan KAL Mapor I-4-64 serta Dan KAL Marapas I.4.65. (Ril)




Tingkatkan Kemampuan dalam Penyelamatan, Satrol Lantamal IV Kembali Gelar Latihan SAR

Tags: ,

BACA JUGA :

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.