15 November 2020

Serahkan Masker, Pjs Bahtiar Dorong Pemkab Karimun Bangun Laboratorium Khusus Covid-19

 

Serahkan Masker, Pjs Bahtiar Dorong Pemkab Karimun Bangun Laboratorium Khusus Covid-19

Dinamika Kepri, Karimun - Pjs. Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar menghadiri acara Penyerahan Bantuan 100 ribu masker kepada Pemerintah Kabupaten Karimun di Rumah Dinas Bupati Karimun, Minggu, (15/11/2020).


Turut hadir pada acara ini, Kepala Badan Kesbangpol Linmas Lamidi, Kepala BPBD Budiharto, Kepala Dinas Sosial Doli Boniara, Plt. Kepala Satpol PP, Juru Bicara Satgas Penanganan Covids Tjetjep Yudiana serta FKPD Kabupaten Karimun.


Penyerahan bantuan masker dari Pemprov Kepri kepada Pemerintah Kabupaten Karimun, jelas Bahtiar merupakan tindak lanjut dari Gerakan Berbagi 5 Juta masker yang telah dilaunching oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Selasa (10/11) di Hotel Radisson, Kota Batam.


“Target kita bisa terbagi 5 Juta masker, namun laporan terakhir yang masuk terkumpul 6,29 juta masker. Kabupaten Karimun mendapatkan bantuan 100 ribu masker, yang saya harap segera didistribusikan ke masyarakat, pastikan seluruh masyarakat menerimanya, serta ajak masyarakat untuk disiplin menggunakannya,” harapnya.


Masker yang diserahkan saat ini, lanjut Bahtiar, dapat terkumpul berkat bantuan dari Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri, Temasek Singapura, Konjen Singapura, Pemerintah Daerah, TNI/Polri, ASN, BUMN serta unsur masyarakat Kepulauan Riau.



“Ini merupakan gerakan swadaya mulai dari pemda, pengusaha serta masyarakat yang peduli akan kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Harapan saya, agar semakin banyak unsur di Karimun juga ikut terlibat gerakan ini sehingga semakin besar memberikan dampak siginifikan untuk menekan laju pertumbuhan covid,” harapnya.


Ditambahkan Bahtiar, pandemi Covid-19 ini merupakan musuh bersama yang harus dilawan, yang salah satu caranya dengan menggunakan masker yang baik dan benar.


Untuk itu, masker hari ini harus dibagikan kepada semua kalangan sehingga semua masyarakat tidak punya alasan lagi untuk abai, tidak patuh serta tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.


“Masker yang dibagikan ini, nantinya harap selalu dipakai terutama ketika beraktivitas di ruang publik. Jadilah kita semua sebagai contoh ditengah masyarakat sebagi agen-agen perlawanan terhadap Covid-19. Jika kita lakukan ini bersama, saya yakin covid bisa ditekan penyebarannya bahkan bisa hilang di bumi Kepri ini,” ujarnya.


Terakhir Bahtiar mendorong kepada Pemerintah Kabupaten Karimun yang saat ini sedang menyusun APBD 2021, untuk menganggarkan pembuatan laboratorium milik pemerintah daerah agar semakin mudah mendeteksi para penderita Covid-19.


“Ini harus kita adakan, untuk memproteksi masyarakat kita agar tidak tertular dan menularkan virus ini ke orang lain. Dengan adanya lab khusus covid, hasil yang didapat bisa lebih cepat diketahui sehingga bisa dilakukan tindakan segera pada pasien yang terindikasi terpapar virus ini. Agar tidak kemana-mana yang positif ini, yang bisa menularkan ke orang lain,” tutupnya.


Sementara itu Pjs. Bupati Karimun Heri Andrianto menyampaikan apresiasinya kepada Pjs. Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar yang telah menginisiasi Gerakan 5 Juta masker yang dibagikan kepada seluruh masyarakat.


“Terima kasih, hari ini karimun dapat 100 ribu masker semoga bisa menjadi alat pelindung diri bagi masyarakat Karimun sehingga terbebas dari Covid-19,” kata Heri. (Ril)




Berita Lainnya :

Scroll to top