06 November 2020

Pjs Gubernur Bahtiar Inginkan Kepri Jadi Produsen Kelapa

 

Pjs Gubernur Bahtiar Inginkan Kepri Jadi Produsen Kelapa
Pjs. Gubernur Bahtiar Baharuddin acungkan jempol usai penanaman bibit kelapa di depan Kantor Satpol-PP Provinsi Kepri.

Dinamika Kepri, Tanjungpinang - Pjs. Gubernur Bahtiar Baharuddin mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk mendukung dan ikut berpartisipasi dalam gerakan penghijauan di Dompak, Tanjungpinang. Hal ini agar lingkungan kerja menjadi asri dan kedepannya bisa menjadi destinasi wisata baru.


“Dompak ini pulaunya indah sekali. Saya berharap langkah kecil yang dilakukan hari ini akan diikuti oleh semua ASN dan akan berdampak besar pada masa mendatang. Impian besar saya, Pulau ini akan kita jadikan pulau buah, dengan beragam spesies buah dari berbagai negara,” kata Bahtiar sesaat setelah melakukan Penanaman Pohon di seputar Kantor Satpol PP Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungsiambang, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (5/11/2020).



Penanaman pohon ini disejalankan dengan aktivitas Jalan Santai Pjs. Gubernur bersama Pejabat dan staf serta ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Aktivitas Jalan Santai bermula dari Jembatan 2 Dompak, menuju ke Kantor Dinas Kebudayaan, dilanjutkan menyusuri belakang Kantor Gubernur dan masuk ke Pemukiman penduduk Tanjungsiambang, dan berakhir di Kantor Satpol PP.


Di area pemukiman Bahtiar menyempatkan diri menyapa masyarakat dan berbagi masker serta memberikan pengetahuan tentang cara pemakain masker yang benar untuk mencegah penyebaran Covid-19.


Bahtiar, Sekdaprov H.TS. Arif Fadillah dan masing-masing OPD pada kesempatan ini menanaman satu pohon buah. Kegiatan tanam pohon ini juga melibatkan RT/RW yang berada di Pulau Dompak. Pohon buah yang kali ini ditanam adalah pohon kelapa dan pohon alpukat serta mangga.


Dirjen Polpum Kemendagri ini menjelaskan bahwa kelapa yang ditanamnya pada hari ini memiliki banyak manfaat diantaranya untuk mencegah abrasi, juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku bagi industri pengolahan kelapa yang telah ada di Kota Batam dan Kabupaten Bintan.


“Industrinya ada disini, namun bahan baku kelapanya masih dari Jambi dan Riau. Potensi ini seharusnya kita manfaatkan. Dengan ribuan pulau di Kepri seharusnya kita bisa menanam jutaan bahkan milliaran pohon kelapa yang bisa menjadi sumber pendapatan baru masyarakat sekaligus sebagai kegiatan untuk menjaga lingkungan dan menjaga kedaulatan pangan,” jelasnya.


Terkait telah datangnya musim hujan saat ini, Bahtiar mengingatkan bahwa Covid-19 dapat bertahan dan sangat suka dikondisi dingin dan lembab. Oleh karen itu dirinya tersu menerus menghimbau agar selain mentaati ptokol kesehatan, agar masyarakat untuk menerapakn pola hidup bersih dan sehat, rajin berolahraga dan berjemur di sinar matahari pagi serta mengkonsumsi makanan yang sehat.


“Jaga terus lingkungan rumah kita, lingkungan kerja serta jaga tubuh kita dengan menyempatkan diri berolahraga serta mengkonsumsi vitamin C dan Vitamin E agar supaya imun tubuh kita kuat untuk menghadapi Covid-19,” ujarnya mengingatkan. (Ril)




Berita Lainnya :

Scroll to top