Joe Biden Menangkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat-DINAMIKAKEPRI

08 November 2020

Joe Biden Menangkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat

 

Joe Biden Menangkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat
Joe Biden. (Foto:  Wikipedia)

Dinamika Kepri
- Masyarakat Amerika Serikat (AS) saat ini telah mendapatkan presiden dan wakil presiden barunya. Mereka adalah Joe Biden dan pasangannya, Kamala Harris.


Pasangan Joe dan Harris dari Partai Demokrat memenangkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) mengalahkan petahana Donald John Trump dan Michael Richard Pence dari Partai Republik dengan 290 versus 214 suara elektoral (electoral votes), Minggu (8/11/2020) pagi.


Lalu siapakah Joe Biden?


Joseph Robinette "Joe" Biden, Jr. (lahir di Scranton, Pennsylvania, 20 November 1942, umur 77 tahun) adalah seorang politikus dan pengacara Amerika yang menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 dari 2021. 


Baca juga: Presiden Joko Widodo Beri Ucapan Selamat ke Presiden Baru AS Joe Biden


Ia adalah anggota Partai Demokrat dan Senator senior dari Delaware, saat ini dalam masa jabatan ke-6. 


Ia pernah mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 1988 dan 2008 namun mengundurkan diri dalam kedua-dua kesempatan tersebut. 


Pada 22 Agustus 2008, diumumkan bahwa Barack Obama telah memilih Biden sebagai pasangan bakal calon wakil presidennya dalam pemilihan presiden 2008.


Baca juga: Presiden Terima Kunjungan Menteri Luar Negeri AS, Bahas Kerja Sama Ekonomi Hingga Pertahanan


Pada pidato pertamanya sebagai presiden Amerika Serikat, Joe Biden berjanji akan bekerja dengan baik dengan tidak memecah belah melainkan mempersatukan. (*)




BACA JUGA :

Scroll to top