Header Ads Widget

HUT Korpri Ke-49 di Pemko Batam Digelar dengan Sederhana

Peringatan HUT ke-49 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) berlangsung khidmat
 Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum saat potong tumpeng di HUT Korpri ke-49 di kantor Wali Kota Batam, Senin (30/11/2020).

Dinamika Kepri, Batam - Peringatan HUT ke-49 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) berlangsung khidmat meski di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dengan jumlah peserta terbatas, HUT Korpri tingkat Kota Batam juga dilaksanakan secara virtual melalui saluran YouTube Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam, Senin (30/11/2020).


Peringatan HUT KORPRI tingkat Batam yang dipusatkan di Kantor Wali Kota Batam tersebut dipimpin langsung Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum. 


Dalam kesempatan itu, Syamsul menekankan dengan peringatan HUT ke-49 KORPRI tersebut harus diiringi kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang cepat, tepat dalam melayani masyarakat.


"Dengan begitu, ASN bisa menjadi kuat dan hebat," ujar Syamsul.


Syamsul juga ingin KORPRI sebagai wadah organisasi bagi ASN dapat berperan dan memiliki kekuatan demi birokrasi yang andal. Ia tak ingin ASN dipandang sebelah mata, pasalnya ASN yang bekerja demi kemajuan sebuah daerah.


"ASN ini orang yang bekerja di belakang pimpinan. Sehingga perlu penguatan ASN khususnya yang ada di Batam," ujarnya.



Ia juga berpesan kepada pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk saling mengingatkan, menguatkan, dan tidak saling menjatuhkan. Ia mengatakan, dengan kinerja yang mumpuni, maka karir akan berjalan sendirinya.


"Status kita PNS siap mengisi semua jabatan. Mumpung tangan kita masih mampu, gunakanlah untuk membantu dan melayani masyarakat," kata dia.


Karena PNS fokus melayani masyarakat, tentu PNS juga perlu ada yang memikirkan nasibnya. Untuk itu, KORPRI harus hadir dan harus punya program untuk menyejahterakan pegawai. Untuk itu, ia berharap keberadaan KORPRI ke depan harus eksis.


"Perbanyak program, silakan belajar dengan daerah lain, cari aturan mana yang dibolehkan dan mana yang tidak dibolehkan dalam rangka menyejahterakan pegawai," ujarnya.


Selain itu pula, Syamsul juga berpesan agar ASN juga harus menguasai bahasa asing agar mampu bersaing dengan dunia global, mengingat Batam berhadapan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Kemudian, ia meminta agar ASN menguasai teknologi informasi, punya data, dan punya sistem birokrasi yang kuat.


"Kalau kita punya sistem birokrasi yang terkoneksi, maka semua program yang direncanakan tidak berubah meski diiringi pergantian pucuk pimpinan," kata Syamsul


Sebelumnya, dalam kegiatan ini, dilantik Ketua KORPRI Batam Efrius dan sejumlah jajaran pengurus baru. 


Sebelumnya pula, Pelaksana Tugas (Plt) KORPRI Batam Yusfa Hendri melaporkan, dalam rangka HUT ke-49 KORPRI tersebut pihaknya menggelar upacara dengan jumlah terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.


Kemudian, dilaksanakan lomba Pengucapan Panca Prasetya KORPRI, Pengucapan Undang-undang Dasar 1945. Selian itu, ada juga lomba video, karya tulis. Seterusnya, kegiatan lain, penyerahan santunan kepada anak yatim piatu pensiunan PNS serta penyerahan paket bahan pokok kepada janda pensiunan PNS.


"Penyelenggaraan HUT ke-49 KORPRI dilaksanakan sederhana, khidmat dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan tema KORPRI berkontribusi melayani dan mempersatukan bangsa," tutupnya.


(Mcb)