Lantamal IV dan Korcab IV DJA I Gelar Panen Raya Sayuran dan Ikan - DINAMIKAKEPRI.COM

Lantamal IV dan Korcab IV DJA I Gelar Panen Raya Sayuran dan Ikan


Lantamal IV dan Korcab IV DJA I Gelar Panen Raya Sayuran dan Ikan
Dinamika Kepri, Tanungpinang - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang dan Koordinator Cabang IV Daerah Jalasenastri Armada I (Korcab IV DJA I) menggelar kegiatan Panen Raya Sayuran dan Ikan yang berlangsung di lahan budidaya sayuran dan ikan Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IV Tanungpinang, Kepulauan Riau, Senin (29/6/2020).

Pada kesempatan tersebut Komandan Lantama IV Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., didampingi oleh Ketua Korcab IV DJA I Ny. Indarto Budiarto, Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang  Drs. M.Ahadi, berkenan memanen hasil budidaya sayuran dan ikan yang merupakan program pemerintah dan Pimpinan TNI tentang Ketahanan Pangan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Jenis sayuran yang dipanen adalah sayur Slada Samhong, bayam Brazil, kangkung dan sayur Dakota, sedangkan untukikan yaitu  jenis  ikan bawal dengan total berat 100 kg. Semua jenis sayuran dan ikan ditanam dan disebar mulai tanggal 18 Mei 2020.

Dalam sambutan Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang  mengatakan, tanaman dan ikan harus disayangi.

"Harus diberlakukan penuh kasih sayang karena mereka juga adalah mahluk Tuhan, pasti akan ada timbal baliknya kepada kitam" tuturnya.

“Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dn Perikanan akan bersinergi dengan Lantamal IV, apabila sudah ada terbentuk kelompok-kelompok tersebut baik di rumah-rumah dan dilahan-lahan tidur milik TNI Angkatan Laut , apabila dibutuhkan, kami akan mengirimkan Insinyur-insinyur dibidangnya untuk membantu serta apabila perlu dibutuhkan alat berat untuk  membuka lahan baru kami akan kirim," tambahnya.

Disela-sela waktunya, Danlantamal IV juga mengatakan bahwa pihaknya bangga terhadap apa yang dilakukan oleh Satrol Lantamal IV.

 “Kita cukup bangga dengan Satrol Lantamal IV karena sudah mengembangkan Ketahanan Pangan di lahannya, sehingga dapat kita rasakan manfaatnya," ujarnya.

"Disatuan lain juga sudah banyak yang mengerjakanserta dirumah-rumah personel Lantamal IV dengan menanam jenis sayuran serta beberpa jenis ikan yang dibuat kolam yang sesuai dengan luas lahan di rumahnya, dengan harapan semuanya itu untuk menambah kebutuhan rumah tangganya," sambungnya.

Danlantamal juga mengatakan bahwa personel Lantamal IV selalu siap melaksanakan dan mendukung program Ketahanan Pangan yang dicanangkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian serta siap bersinergi guna membantu pemerintah Kota Kabupaten dan Provinsi Kepri serta keluarga besar personil Lantamal IV.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadanlantamal IV Kolonel Marinir Gatot Mardiyono, S.H., Asops Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan Hendrotomo, S.E., Aspers Danlantamal IV, Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari, S.Pd., M.Tr.Hanla., M.M., CHRMP, Aspotmar Danlantamal IV Kolonel (P) Arief Meidyanto, Dansatrol Lantamal IV Kolonel Laut (P) H.Wijaya Sinaga, S.E., Kadispotmar Lantama IV Letkol Laut (KH) Syafruddin Amir, S.Ag., Dandenma Lantamal IV Letkol Laut (P) Ahmad Fahrudin, S.T., M.Tr.Hanla., Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kota Tanjungpinang, Ketua Cabang 9 Korcab IV DJA I Ny. Horas Sinaga, dan Perwakilan Pengurus Jalasenastri. (Ril).




Scroll to top