Kunker ke Kepri, Pangkoamada I: Penanganan Covid TNI AL Harus Bersinergi dengan Institusi Lain - DINAMIKAKEPRI.COM

Rabu, Juni 17, 2020

Kunker ke Kepri, Pangkoamada I: Penanganan Covid TNI AL Harus Bersinergi dengan Institusi Lain

 

Dinamika Kepri, Batam - Panglima Komando Armada (Pangkoamada) I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Batam, Tanjung Balai Karimun, Tarempa dan ke Ranai Kepulauan Riau, Rabu (17/6/2020).

Kedatangan Pangkoamada I disambut Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  (Danlantamal) IV Kolonel Laut (P) Indarto Budiarto.

Rencananya Kunker tersebut akan dilakukan selama dua hari. Kunjungan pada hari pertama diawali di Batam dan di Tanjung Balai Karimun.

Untuk di Batam Pangkoarmada I juga berkesempatan mengunjungi Markas Komando Gugus KeamananLaut Koarmada I, kemudian ke Pelabuhan Laut Harbour Bay, Lanal Batam dan terakhir ke Lanal Tanjung Balai Karimun.

Kegiatan Pangkoarmada I di Mako Guskamla Koarmada I yaitu meninjau secara langsung Ruang Kendali Operasi  (RKO), kemudian dilanjutkan menerima Laporan Komando dari Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofyan. Lalu di Lanal Batam, Pangkoarmada I melakukan tatap muka dengan segenap prajurit dan PNS.

Pangkoarmada I juga berkempatan mengunjungi Pelabuhan Laut Harbour Bay Batam, guna meninjau langsung situasi pelabuhan dan memastikan berjalannya Protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah dalam menghadapi pandemic Covid-19.

"Prajurit TNI Angkatan Laut wajib, melaksanakan pembinaan personel, meningkatkan profesionalisme di lingkungan kerja, menjaga kesehatan diri dan keharmonisan rumah tangga dan menciptakan suasana kerja yang kondusif, sinergitas baik dengan personel maupun instansi pemerintahan," kata Pangkoarmada I di sela-sela kunjungannya.

Dikatakannya juga, Pelabuhan merupakan tempat yang banyak dilalui oleh orang, maka itu dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, TNI Angkatan Laut mendapatkan tugas untuk bersinergi dengan institusi lain, baik dari Kepolisian, KKP, Dinas Perhubungan juga Pelabuhanserta institusi lainnya untuk ikut menyadarkan masyarakat agar dapat hidup dengan adanya kejadian wabah  Covid-19  namun tetap produktif dan aman.

"Harus bersinergi dengan institusi lain. Protokol kesehatan itu sangat mudah, kita hanya dianjurkan untuk selalu mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak namun kadang kita lalai bahkan lupa, untuk itu saya perintahkan unsur TNI Angkatan Laut untuk selalu bersinergi dengan institusi lain agar membantu untuk menyadarkan masyarakat," pungkasnya.

Kunker hari pertama Pangkoarmada I ditutup di Lanal TBK. Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan pesawat udara milik TNI Angkatan Laut  jenis Cassa U-6211.

Di Karimun, di Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Sei Bati, Tebing, rombongan disambut Danlanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono, Bupati Karimun beserta Forkopimda Karimun.

Di Mako Lanal TBK Pangkoarmada I berkesempatan bertatap muka dengan segenap prajurit dan PNS Lanal TBK dan memberikan penghargaan kepada prajurit yang berprestasi.

Hadir dalam Kunker tersebut dihadiri Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofyan, Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Indarto Budiarto, Asrena Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Dadang Somantri, Asintel Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Edi Kresna Murti, Asops Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Deny Prasetyo, Aslog Pangkoarmada I Kolonel Laut (T) M. Taufiq Hidayat, Koorsmin Pangkoarmada I Kolonel Laut (KH) Ambar Suwardi dan Kadispen Koarmada I Letkol Laut (P) Fajar Trirohadi. (Ril)