Komunitas Penjual Shopee Produksi dan Donasikan Lebih Dari 20 Ribu Masker Kain Melalui Dompet Dhuafa - DINAMIKA KEPRI Komunitas Penjual Shopee Produksi dan Donasikan Lebih Dari 20 Ribu Masker Kain Melalui Dompet Dhuafa

Komunitas Penjual Shopee Produksi dan Donasikan Lebih Dari 20 Ribu Masker Kain Melalui Dompet Dhuafa

Produksi masker kain oleh toko Nathalie Official Shop, salah satu anggota komunitas penjual Shopee.

Donasi masker kain akan disalurkan bagi masyarakat yang harus tetap menjalankan aktivitasnya di tengah pandemi COVID-19.

Dinamika Kepri, Jakarta - Shopee menggandeng komunitas penjualnya untuk berkontribusi terhadap upaya pencegahan COVID-19 di tengah masyarakat Indonesia. Ini merupakan inisiatif awal dari para penjual yang tergabung dalam komunitas penjual Shopee yang secara sukarela memproduksi serta memberikan donasi sebanyak lebih dari 20 ribu masker kain yang akan diberikan kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Fokus pemberian masker tertuju kepada petugas kebersihan, petugas keamanan, pedagang asongan, hingga supir taksi dan supir ojek online yang tetap mencari nafkah di luar rumah meski adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bantuan akan disalurkan melalui Dompet Dhuafa ke masyarakat di sekitar Jabodetabek serta di sejumlah provinsi dari Aceh hingga Papua.

Donasi masker kain yang diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan ini merupakan realisasi tanggung jawab sosial Shopee secara bertahap dalam mendukung usaha pemerintah dalam pemutusan rantai penyebaran COVID-19. Setelah berdonasi melalui Benihbaik, PMI, dan BNPB untuk pengadaan alat perlindungan diri yang diberikan kepada sejumlah rumah sakit dan tenaga medis yang membutuhkan.

Shopee juga membuat program bantuan kesejahteraan yang berfungsi sebagai stimulus untuk mitra penjual UMKM terdampak dengan total 100 miliar rupiah melalui program Dukungan COVID-19 100M Shopee. Akan tetapi, Shopee merasa masih ada lapisan masyarakat yang sangat membutuhkan ketersediaan masker untuk beraktifitas tiap harinya.

Aditya Maulana, Public Relations Lead Shopee Indonesia mengatakan, shopee percaya adanya kekuatan di balik setiap kegiatan di situasi sulit seperti sekarang.

"Kami sangat menyambut baik inisiatif komunitas penjual Shopee yang ingin berkontribusi terhadap upaya pencegahan COVID-19 di tengah masyarakat. Inisiatif pertama berupa penyaluran masker kain ini memastikan agar masyarakat dapat tetap terlindungi, terutama bagi masyarakat yang harus berkegiatan di tempat umum. Ke depannya, Shopee berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif lanjutan bersama dengan komunitas penjual kami untuk mengambil peran dalam upaya memerangi COVID-19," kata Aditya Maulana, Selasa (21/4/2020).

Dilansir dari pernyataan The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), masker kain dianjurkan untuk digunakan oleh masyarakat luas guna menekan penyebaran COVID-19 terutama bagi mereka yang tampak sehat-sehat saja.

Surya Prayudi, Direktur Online Marketing toko Nathalie Official Shop di Shopee, yang menjadi salah satu produsen serta donatur masker mengatakan, inisiatif yang dilakukan berasal dari kekhawatiran.

"Inisiatif ini berasal dari kekhawatiran kami, komunitas penjual Shopee, terhadap penyebaran COVID-19 yang begitu cepat di Indonesia, khususnya di Jabodetabek. Sebagai penjual, kami ingin turut berpartisipasi dengan upaya yang bisa kita lakukan di rumah, salah satunya melalui produksi masker kain sejumlah lebih dari 20 ribu buah bersama dengan penjual Shopee lainnya dan ditujukan kepada mereka yang terdampak dan membutuhkan," ujar Surya Prayudi.

"Kami juga ingin berterima kasih kepada Shopee dan Dompet Dhuafa yang telah mendukung sejumlah inisiatif untuk menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia, salah satunya dengan mengakomodir donasi masker dari komunitas penjual Shopee. Melalui inisiatif ini, semoga semakin banyak pihak yang terbantu dalam memutuskan rantai COVID-19 dan tetap menjaga kesehatan masyarakat Indonesia," sambungnya.

Pada inisiatif kali ini, Shopee bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, selaku lembaga penyalur donasi masker kain dari para penjual Shopee untuk berbagai lapisan masyarakat yang membutuhkan.

Doni Marlan, Plt Direktur Resource Mobilization Dompet Dhuafa menambahkan “Upaya Cekal (Cegah Tangkal) penyebaran COVID-19 di Indonesia, Dompet Dhuafa juga telah melakukan berbagai inisiatif seperti edukasi mengenai COVID-19, penyemprotan disinfektan, hingga pembagian sembako.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari para penjual Shopee untuk mendonasikan lebih dari 20 ribu masker kain bagi yang membutuhkan. Melalui program ini, kami memastikan bahwa lebih dari 20 ribu masker tersebut akan kami distribusikan secepatnya, khususnya bagi mereka yang tidak punya pilihan untuk kerja dari rumah dan terdampak dari pandemi ini, seperti petugas kebersihan, petugas keamanan, pedagang asongan, hingga supir taksi dan ojol di jalan. Kami berterima kasih terhadap Shopee karena telah mempercayakan kami sebagai mitra yang akan mendistribusikan masker-masker tersebut," kata Doni Marlan.

Di lain sisi, Shopee masih mengajak pengguna untuk turut berpartisipasi dalam donasi terkait COVID-19 melalui aplikasi Shopee. Dengan cara membuka aplikasi Shopee; pilih button Pulsa, Tagihan, Donasi; pilih menu Donasi; pilih lembaga penyalur donasi; dan masukkan nominal donasi. Pengguna juga dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari selama physical distancing melalui kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah dari 6 April - 25 Mei 2020.

Untuk informasi mengenai donasi di aplikasi Shopee, silakan kunjungi https://shopee.co.id/m/shopee-donasi-corona. (Ril)