Kasal Perintahkan Seluruh Prajurit Laksanakan Social Distancing - DINAMIKA KEPRI.COM

Friday, April 17, 2020

Kasal Perintahkan Seluruh Prajurit Laksanakan Social Distancing

  Dibaca: kali

 Paban II Tahwiltas Spotmar Lantamal IV Letkol Laut (PM) Syarifuddin.

Dinamika Kepri, Tanjungpinang -  Untuk memutuskan rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dalam amanatnya memerintahkan seluruh prajurit beserta PNS di lingkungan TNI AL untuk melakukan penerapan jaga jarak sosial (Social Distancing).

Amanat itu dibacakan oleh Paban II Tahwiltas Spotmar Lantamal IV Letkol Laut (PM) Syarifuddin saat apel dihadapan seluruh prajurit dan PNS di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal IV) di lapangan apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jl Yos Sudarso No.1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau, Jumat (17/4/2020).

Dalam amanatnya, Kasal menyampaikan bahwa salah satu yang paling efektif pencegahan Covid-19 adalah melalui kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan masing-masing individu serta melaksanakan social distancing.

Disampikan juga, saat ini di beberapa daerah telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

"Sebagai aparat pemerintah, kita juga harus berperan aktif dalam mendukung kebijakkan Pemerintah Pusat maupun di Daerah terkait pencegahan Covid-19," kata Letkol Laut (PM) Syarifuddin membacakan amanat Kasal.

Kasal juga mengingatkan bahwa di situasi yang sudah cukup membuat panik ini, tidak perlu lagi diperkeruh dengan penyebaran berita menyesatkan (hoax) karena itu hanya akan menambah kepanikan masyarakat.

Pesan Kasal, sebagai prajurit TNI Angkatan Laut yang profesional dan unggul, ada empat upaya yang dapat dilakukan dalam menghadapi Covid-19 ini yaitu dengan menyediakan sarana perawatan dan pengobatan, menyiapkan dukungan logistic seoptimal mungkin, membantu dalam upaya pengembangan anti virus atau pengobatan dan membantu pemerintah dalam mengendalikan  situasi serta meredam efek yang mungkin ditimbulkan.

Ditempat yang sama, setelah apel pembacaan amanat Kasal selesai dilakukan, Komandan Lantamal  (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah kemudian memberikan pengarahan kepada prajurit dan PNS Lantamal IV terkait wabah Covid-19.

Dalam arahannya, Danlantamal meminta agar segenap Prajurit dan PNS Lantamal IV tidak saling mencurigai satu sama lain.

"Tidak perlu saling curiga, namun tetap waspada. Ikuti apa yang sudah disampaikan oleh pimpinan TNI agar diikuiti dan dilaksanakan salah satunya adalah dengan disiplin menggunakan masker, disiplin mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak dengan orang, selalu menjaga kesehatan dan biasakan hidup bersih serta bekerja dari rumah," pesan Danlantamal IV.

Hadir dalam kegiatan tersebut dihari para Pejabat Utama Lantamal IV, Para Kadis/Kasatker Lantamal IV serta Pamen Lantamal IV. (Ril).


Apa reaksi anda tentang artikel ini?