Urus Akta Nikah di Catatan Sipil Batam Kini Makin Mudah, Ini Syaratnya - DINAMIKA KEPRI.COM

Monday, 3 February 2020

Urus Akta Nikah di Catatan Sipil Batam Kini Makin Mudah, Ini Syaratnya

  Dibaca: kali


Ilustrasi (F/kaltengpos.co)

Dinamika Kepri, Batam - Dalam mengurus surat-surat tentunya tidak semua orang memiliki kesabaran. Meski bisa dan mampu, namun tidak semua bisa sabar menunggu antrian panjang apalagi ribetnya birokrasi. Akibatnya banyak orang lebih memilih jalur cepat dengan menggunakan jasa pengurusan.

Tidak perduli berapa harga yang harus dikeluarkan, tahunya yang penting urusan cepat selesai tanpa harus menghabiskan waktu mengantri panjang. Apalagi bagi orang yang super sibuk, jasa pengurusan tentu akan menjadi solusinya.

Namun, setelah Joko Widodo menjadi presiden memimpin negeri ini dua periode, dalam hal mengurus surat menyurat yang berhungan dengan pemerintahan, berlahan prosesnya semakin baik, cepat dan tidak bertele-tele sama halnya seperti mengurus akta nikah dari catatan sipil.

Bagi yang non muslim, saat ini, untuk syarat pengurusan akta nikah di catatan sipil di Kota Batam sudah lebih mudah. Yang mengurus tidak perlu lagi meminta surat pengantar dari RT/RW maupun dari Kelurahan, sudah bisa langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam.

" Untuk syarat pengurusan akta nikah di catatan sipil, tak usah lagi meminta surat pengantar dari RT/RW dan Kelurahan, bisa langsung kemari," ucap seorang wanita petugas catatan sipil Kota Batam memastikan, Senin (3/2) siang.

Adapun syarat untuk pengurusan akta nikah catatan sipil itu yakni:
  1. Foto copy KTP suami-istri masing-masing 2 lembar
  2. Foto gandeng suami-istri ukuran 4x6 berwarna, 4 lembar
  3. Foto copy Kartu Keluarga (KK) 2 lembar
  4. Foto copy KTP dua saksi (tetangga KTP Batam) masing-masing 2 lembar  
  5. 1 lembar surat pernyataan pernikahaan ditandatangani suami-istri bermeterai Rp 6000
  6. Foto copy surat nikah dan surat pengantar dari Gereja, Klenteng atau Vihara
  7. 1 lembar formulir isian data tentang kedua orangtua dari suami-istri.
Untuk formulir isian data orangtua bisa didapatkan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam. Formulir itu hanya satu lembar berlapis kerta karbon. Jika di antara orang tua sudah ada yang meninggal, di formulir cukup menulis namanya dan tulis Almarhum. Jangan lupa, tempat arsib berkas memakai map merah.

Setelah mengajukan syarat permohonan, petugas Dinas Kependudukan pasti akan memberikan jadwal panggilan sidang. Untuk sidang, biasanya akan menunggu kurang lebih dua minggu sejak permohonan diterima. Saat sidang, yang mengurus harus membawa 2 saksi sesuai di persyaratan.

Untuk saat ini, akta nikah dari catatan sipil sangat diperlukan, apalagi bagi yang memiliki anak yang sudah bersekolah, dan itu sangat dibutuhkan, kecuali ayah si anak sudah meninggal, itupun akta kematiannya harus diurus juga jika diperlukan.

Bedanya, bagi yang sudah memiliki akta nikah dari catatan sipil dengan yang tidak, bisa terlihat di akta kelahiran anak. Yang sudah memiliki akta nikah, nama kedua orangtua dari si anak akan tercantum di akta kelahirannya, sedangkan yang tidak, dipastikan hanya nama ibu saja.

Nah, supaya nama ayah tercantum di akta kelahiran anak, untuk pengubahannya harus diurus kembali dengan syarat harus memiliki akta nikah dari catatan sipil. Semoga bermamfaat. (Ag)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?