Penyebaran Virus Corona dan Pencegahannya - DINAMIKA KEPRI.COM

Sunday, February 2, 2020

Penyebaran Virus Corona dan Pencegahannya

  Dibaca: kali


Suasana penduduk di Cina diwajibkan memakai masker setelah merebaknya virus corona di negara itu.

Dinamika Kepri - Jenis Virus Corona adalah bagian dari keluarga besar virus Mers dan Sars. Virus - virus tersebut jika menjangkiti manusia dapat menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa, hingga penyakit parah terutama pada pernafasan hingga dapat mengakibatkan kematian.

Virus corona adalah zoonosis artinya ditularkan dari hewan ke manusia sama halnya seperti virus Sars penularannya dari kucing luwak ke manusia, dan virus Mers dari unta dromedaris ke manusia. Beberapa virus corona yang dikenal beredar pada hewan saat ini juga telah menginfeksi manusia seperti yang terjadi di Kota Wuhan, Cina dan mewabah ke banyak negara.

Dikutip dari laman Badan Kesehatan Dunia (WHO), tanda-tanda umum infeksi virus tersebut akan menimbulkan gangguan gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan pada kematian.

Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi viru tersebut dengan mencuci tangan secara teratur, menutupi mulut dan hidung ketika batuk dan bersin, memasak daging dan telur dengan saksama. Kemudian menghindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin. (Red)


Apa reaksi anda tentang artikel ini?