Prajurit dan PNS TNI Beragama Kristen di Lantamal IV Rayakan Natal, Ini Pesan Danlantamal


Sesi foto bersama dengan pendeta.

Dinamika Kepri, Tanjungpinang - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang hari ini menggelar acara Perayaan Natal Gabungan TNI Angkatan Laut se-Pulau Bintan Tahun 2019. Kegiatan Natal dilakukan di Aula Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jalan Yos Sudarso No.1 Batu Hitam, Tanjungpinang Kepulauan Riau, Rabu (29/1/2020).

Dalam sambutan tertulis Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah yang dibacakan Wadanlantamal IV Kolonel Laut (P) DR. Imam Teguh Santoso, Danlantamal menyampaikan bahwa peringatan hari-hari besar keagamaan yang diselenggarakan bukanlah hanya sebatas kegiatan seremonial semata, tetapi lebih dari itu, karena itu juga merupakan bagian dari pembinaan mental bagi prajurit dan keluarganya dengan harapan dapat meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Lanjut dibacakan Kolonel Laut (P) DR. Imam Teguh Santoso, Danlantamal IV juga menyampaikan perayaan Natal tersebut juga sebagai ungkapan rasa syukur umat Nasrani kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang mana telah diberikan keselamatan dan kesejahteraan selama ini.

Dalam kata sambutannya itu, Danlantamal IV juga menganalogikan atau mencontohkan isi ayat injil Yohanes 15 : 14-15 yang menjadi tema di perayaan Natal itu agar diterapkan sebagai penambah semangat prajurit dalam bertugas.

Prosesi penyalaan lilin.
"Kiranya sangat tepat tema yang ditetapkan dalam perayaan Natal tahun ini yaituDengan Sukacita Natal, Kita Perkokoh Semangat Prajurit Sapta Marga dan PNS TNI Untuk Tetap Tegaknya Kesatuan Dan Persatuan Bangsa (Yohanes 15 : 14-15)”. Secara obyektif harus kita akui bahwa tugas dan tanggung jawab kita selaku aparatur Negara ke depan akan menghadapi berbagai macam tantangan. Secara internal berupa keterbatasan sumber daya, dan secara eksternal berupa fenomena-fenomena baru yang akan muncul dalam menghadapi tuntutan masyarakat yang berkembang dan semakin kritis," pesan Danlantamal IV.

Diakhir sambutannya, Danlantamal juga menyampaikan harapannya, ia berharap dengan perayaan Natal itu dapat meningkatkan pengabdian saat bertugas.

"Dengan perayaan ini, saya berharap agar seluruh umat Nasrani se-Pulau Bintan dapat untuk selalu meningkatkan pengabdian dan pelaksanaan tugas dengan dilandasi sikap, sebagaimana telah dicontohkan dalam ajaran agama. Tuntutan tersebut hanya dapat dicapai melalui peningkatan kualitas moral, intelektual serta profesi," tutur Wadanlantamal IV mengahkhiri sambutan dari Danlantamal IV.

Perayaan Natal ini diawali dengan ibadah dipimpin oleh Pendeta Kristina dari Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Kasih Karunia, sedangkan untuk pembawa pesan Natal disampaikan oleh Romo Agus Tuven dari Paroki Gereja Katholik Santa Mari Tak Bernoda.

Perayaan tersebut juga dimeriahkan dengan lagu puji-pujian dari prajurit, Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta keluarga besar TNI Angkatan Laut se-pulau Bintan.

Acara perayaan Natal ini kemudian diakhir dengan penampilan dari prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut se-Pulau Bintan dengan membawakan drama yang sangat menyentuh hati bagi seluruh jemaat yang menyaksikannya.

Perayaan Natal ini dihadiri oleh para Pejabat Utama Lantamal IV, Danwing Udara 1 Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja Lantamal IV, Pengurus Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I, Pengurus Ranting H Cabang 7 GJM, seluruh pranjurit dan PNS Nasrani dari Lantamal IV, Rumkital Dr. Midiyato Suratani, Fasharkan Mentigi, Wing Udara 1, Satkat Koarmada I, Satran Koarmada I, Lanudal Tanjungpinang, Yonmarhanlan IV serta Purnawairan dan Warakawuri keluarga besar TNI Angkatan Laut.

Tema Natal Yohanes 15:14-15
14:15: "Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. 15:15: "Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku".(Ril)