Rahmat Akui Sudah Tiga Kali Mencuri Kotak Amal di Masjid - DINAMIKAKEPRI.COM

Rahmat Akui Sudah Tiga Kali Mencuri Kotak Amal di Masjid


Terdakwa Rahmat alias Mamat Bin Abdullah.

Dinamika Kepri, Batam - Rahmat alias Mamat Bin Abdullah diduga pelaku pencurian kotak amal di Masjid Jabal Rahmah Bengkong Nusantara Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong, Batam, Kepri disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Kamis (12/12/2019).

Dalam pemeriksaan tiga saksi yang merupakan pengurus Masjid, kepada majelis hakim yang diketuai hakim Taufik Abdullah Nenggolan didampingi dua hakim anggota, Dwi Nuranamu dan Yona Lamerossa Ketaren, para saksi mengatakan, terdakwa berhasil dikenali dan ditangkap polisi berkat dari rekaman CCTV yang ada di Masjid tersebut.

" Kami mengetahuinya dari CCTV yang mulia. Terdakwa saat itu mengambil uang dari dua kotak amal yang jumlahnya sekitar tiga jutaan rupiah. Ia membongkar kotak amal dengan menggunakan pahat besi beton," kata saksi kepada majelis hakim.

Terkait uang yang dicuri itu, kata saksi ke halim sudah habis digunakan terdakwa." Tidak ada yang dikembalikan yang mulia, katanya sudah habis digunakan untuk biaya keperluannya sehari-hari," tutup saksi.

Atas keterangan saksi tersebut, kepada hakim terdakwa membenarkannya. " Benar yang mulia, uang itu sudah habis. Karena selain untuk biaya hidup sehari-hari dan bayar uang kost, sebagiannya juga saya kirim ke pacar saya yang di Kalimantan," kata terdakwa.

" Wah, masa uang curian dikirim ke pacar, gawat kali saudara ini?," tanya hakim Taufik penasaran ke terdakwa.

Selain itu, terdakwa juga mengaku sudah tiga menncuri kotal amal di Masjid dan mengaku sebelumnya juga sudah pernah dihukum penjara selama 4 tahun.

Setelah selesai melakukan pemeriksaan saksi dan terdakwa, majelis hakim kemudian menunda sidang ke agenda berikutnya dengan agenda tutuntan terhadap terdakwa.

Dalam perkara ini, terdakwa Rahmat didakwa jaksa penuntut dengan diancam pidana pasal 363 Ayat(1) ke-3 dan ke-5 KUHPidana subsidair ancaman pidana dalam Pasal 362 KUHPidana. (Ag)




Scroll to top