Plt. Gubernur Kepri Resmikan Sejumlah Proyek di Natuna - DINAMIKAKEPRI.COM

Plt. Gubernur Kepri Resmikan Sejumlah Proyek di Natuna


Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto.

Dinamika Kepri, Natuna - Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto meresmikan sejumlah proyek infrastruktur di Kecamatan Batubi, Kabupaten Natuna, Senin (23/12).

Beberapa proyek yang diresmikan tersebut adalah pembangunan jembatan Sungai Tengah Tiga Batubi, pembangunan jalan Padang Angus-Jemaja, pembangunan jalan Pulau Tiga Slading dan pembangunan pelabuhan apung HDPE Tanjung Persenangan ke daerah Nyit-nyit.

Dalam kesempatan ini Isdianto mengajak agar proyek-proyek infrastruktur yang membutuhkan dana besar bisa segera diselesaikan, bagaimanapun juga caranya. Tujuannya agar bisa dimanfaatkan segera oleh masyarakat setempat.

Adapun masalah pembiayaan, diakui Isdianto jika dana APBD Kepri memang tidak besar sehingga tidak bisa diandalkan untuk membiayai semua proyek infrastruktur yang ada di daerah-daerah. Dan solusinya adalah dengan mengadu ke Pemerintah pusat untuk agar dibantu.

“Sejak 2015 kita sudah milai melakukan pembangunan infrastruktur di Natuna ini. Terutama jalan dan jembatan. Total sudah lebih Rp80 miliar. Dan diprediksi masih butuh dana sekitar Rp120 miliar lagi untuk menggesa kekurangan disini,” kata Isdianto.

Tepatnya kekurangan dana untuk target penanganan jalan trans Batubi-Kelarik adalah sebesar Rp125 miliar. Untuk itu Isdianto mengajak Pemerintah Kabupaten Natuna bersama-sama Penprov Kepri menjolok ke pusat, agar cepat terpenuhi dan pembangunan segera terselesaikan.

“Dana itu besar bagi kita, paling hanya Rp20 miliar bisa kita bantu setiap tahunnya. Dan akan mmbutuhkan waktu 6 tahun sampai selesai. Makanya, saya tidak mau ini berlama-lama, tapi tidak mungkin juga mengandalkan APBD yang kita punya. Jalan terakhirnya, kita sama-sama berangkat ke Jakarta,” ujar Isdianto.

Sementara itu Kadis PU Abu Bakar dalam laporannya mengatakan, sejak tahun 2015 hingga 2019 Pemprov telah menggelontorkan dana untuk membangun infrastruktur di Natuna dengan nilai total lebih Rp80 miliar.

Masing-masing untuk peningkatan jalan Trans Batubi- Klarik, jalan Trans Batubi-Tanjung Kudu/Sedanau, jembatan Sungai Tengah 1 bentang 30 meter, jembatan sungai tengah 2 bentang 20 meter dan Sungai Curing bentang 40 meter.

Untuk tahun 2020 nanti Pemprov Kepri juga sudah menganggarkan dana sebeaar Rp35 miliar untuk Kabuoaten Natuna guna melanjutka pembangunan jalan Trans Batubi-Kelarik.

“Seprti arahan Gubernur, bahwa pembangunan infrastruktur ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah. Dalam hal ini khususnya masyarakat di Kabupaten Natuna,” kata Abu Bakar. (Ril)




Scroll to top