Menkes Terawan : Dengan Bermain, Jiwa Menjadi Sehat - DINAMIKA KEPRI.COM

Sunday, 3 November 2019

Menkes Terawan : Dengan Bermain, Jiwa Menjadi Sehat

  Dibaca: 1 kali


Foto Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bersama para anak saat menghadiri Gerakan Indonesia Bermain di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta (3/11).

Dinamika Kepri, Jakarta - ''Salam bermain, mainan Nusantara!'' Adalah sebuah salam pembuka yang diucapkan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto ketika menghadiri Gerakan Indonesia Bermain yang diselenggarakan oleh Hope Worldwide Indonesia di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta (3/11).

Dalam sambutannya, Menkes Terawan mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut membuatnya bernostalgia mengingat kembali memori masa kecil, yang mana ada sederet permainan tradisional yang ia lakoni.

''Saya mengingat waktu bermain saya ketika kecil, ternyata dengan bermain jiwa menjadi sehat bisa bergaul dengan teman-teman. Dulu saya kenal namanya gobag sodor, lompat tali, petak umpet,'' kata Menkes.

Gerakan Indonesia Bermain merupakan gerakan yang bertujuan untuk menciptakan generasi emas Indonesia, melestarikan permainan tradisional Indonesia, memenuhi hak anak bermain untuk tumbuh kembang optimal, mengembalikan budaya/nilai-nilai kebersamaan dan kegiatan sosial, serta mempererat hubungan orang tua dan anak dalam keluarga.

Namun, serunya bermain acapkali membuat anak lupa makan, karenanya Menkes berpesan agar asyiknya bermain harus diimbangi dengan pola makan yang teratur, terutama makan makanan bergizi supaya tetap sehat.

''Kalau sudah main jangan lupa makan, harus makan makanan yang cukup dan bergizi. Sehingga bisa bermain lagi, kalau hanya bermain tapi lupa makan nanti sakit. Makan teratur dan minum teratur. Ingat minum harus cukup, supaya kita tidak mudah sakit,'' pesan Menkes.

Menkes pun mengingatkan anak-anak agar tidak menggunakan botol sekali pakai, diganti dengan tumbler.

''Kalau dulu saya sebagai Menteri minumnya pakai kendi, karena belum pakai tumbler, ya sekarang harus pakai tumbler,'' tuturnya.

Tak hanya itu, Menkes juga meminta agar anak-anak mengenal permainan asli Indonesia dan bisa menggunakan waktu bermainnya dengan baik.

''Selamat bermain, selamat untuk bekerjasama dengan anak-anak lainnya. Dan kita semakin mengenal mainan Nusantara. Saya harapkan hari ini menjadi hari yang bahagia. Jangan sia-siakan waktu bermain ini,'' pungkasnya. (Red)



Source: kemkes.go.id

Apa reaksi anda tentang artikel ini?

Loading...