Daniel Manik Penikam Binsar Butar-butar Dihukum 1 Tahun Penjara - DINAMIKA KEPRI.COM

Wednesday, 16 October 2019

Daniel Manik Penikam Binsar Butar-butar Dihukum 1 Tahun Penjara

  Dibaca: 1 kali


Daniel Manik. 

Dinamika Kepri, Batam - Terdakwa Daniel Manik pelaku penikaman terhadap Binsar Butar-butar (korban=red) dengan gunting di depan Bank BNI Kecamatan Batu Aji Kota Batam, Kepri, dijatuhi hakim hukuman vonis 1 tahun penjara, Selasa (15/10/2019).

"Menyatakan terdakwa Daniel Manik bersalah melakukan tindak pidana “Penganiayaan” sebagaimana yang didakwakan kepada terdakwa yaitu melanggar Pasal 351 ayat (1) KUHPidana tentang penganiayaan," baca ketua majelis hakim, Jasael Manullang didampingi dua hakim anggota, Yanti Efrida dan Muhammad Chandra dalam amar putusan.

Menjatuhkan pidana terhadap Daniel Manik dengan pidana penjara selama satu penjara dengan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan dengan perintah terdakwa tetap ditahan. Menetapkan agar terdakwa membayar biaya perkara sebesar lima ribu rupiah," lanjut hakim Jasael mengakhiri amar putusan.

Terhadap putusan itu, kepada hakim, terdakwa Daniel Manik menyatakan meneriman hukumannya. beda dengan jaksa penuntut umum, menyatakan piki-pikir.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim terhadap Daniel Manik ini, dua bulan lebih ringan dari tuntutan jaksa Friesti Putri Gina sebelumnya yang menuntut 1 tahun 2 bulan penjara.

Adapun pertimbangan hakim mengurangi hukuman terdakwa ini dari tuntutan jaksa, karena menurut  terdakwa dalam sidang sebelum putusan dibacakan, mengaku sudah melakukan perdamaian dengan pihak korban.

Sebagaimana diuraikan dalam dakwaan, pada hari Kamis tanggal 21 Maret 2019 sekira pukul 16.00 Wib yang lalu sebelum kejadian penusukan, Binsar Butar-butar yang sedang menjaga parkir di depan Bank BNI Kecamatan Batu Aji Kota Batam, melihat pulpen seorang wanita bernama Sri terjatuh.

Melihat pulpen terjatuh, Binsar langsung berteriak “dek pena mu jatuh”. Pada saat itu Daniel Manik (pelaku=red) yang sedang melintas di depan Bank BNI tersebut mendengar ucapan korban dan langsung emosi dengan mengatakan “apa kau bilang?”.

Kemudian diantara keduanya terjadi ribut mulut, Tak hanya ribut mulut, pelaku juga menantang korban untuk berkelahi.

Mendengar tantangan itu, korban langsung mencekik leher pelaku dengan tangan kanan, kemudian pelaku langsung mengeluarkan gunting dari dalam dompetnya dan menusukkan gunting tersebut ke perut korban sebanyak satu kali, ke tangan kanan 2 kali dan ke punggung korban 4 kali.

Setelah mendapatkan beberapa kali tusukan di tubuhnya, korban lalu melepas cekikannya dari leher pelaku, dan mengambil kayu broti untuk membalasnya.

Namun pada saat broti sudah dipegang oleh korban,  pelaku sudah berhasil melarikan diri menggunakan sepeda motor. Tak terima perbuatan pelaku, korban lalu melaporkan kejadian itu ke polisi. (Ag)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?

Loading...