Pushidrosal dan Pertamina RU VI Balongan Tingkatkan Kerjasama - DINAMIKA KEPRI.COM

Thursday, 26 September 2019

Pushidrosal dan Pertamina RU VI Balongan Tingkatkan Kerjasama

  Dibaca: 1 kali


Kapushidrosal (kanan) saat kunjungan kerja ke Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (25/9/2019).

Dinamika Kepri, Balongan - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dan Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan akan meningkatkan kerjasama untuk petakan pelabuham  dan perairan Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

Peningkatan kerjasama ini menjadi pokok pembahasan dalam kunjungan Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro dalam kunjungan kerja ke Pertamina RU VI Balongan.

Dalam kunjungan kerja ini, Kapushidrosal yang didampingi oleh Diropssurta Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Drs. Haris Djoko Nugroho, Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho, Letkol Laut (P) Sinung dan Dantim Survei Patimban Mayor Laut (P) Tomy Ronaldi, diterima oleh General Manager RU VI Nur Qadim, SMOM RU VI Hendri Agustian dan Tim Manajemen di Ruang Rapat 1, Adm. Building Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (25/9/2019).

Adapun maksud kunjungan kerja tersebut, sebagaimana disampaikan Kapushidrosal, adalah untuk menyampaikan hasil survey  pemetaan pipa bawah laut dan pembuatan peta laut  serta ENC piping route proyek SPL/SPM di sekitar pelabuhan Pertamina dan perairan Balongan bedasarkan perjanjian kerjasama (PKS) antara Pushidrosal dan PT. Pertamina (Persero) serta peningkatan kerjasama atau tindak lanjut dari hasil survei yang telah dikerjakan.

Kapushidrosal menjelaskan, Pushidrosal sebagai lembaga Hidrografi Nasional satu-satunya mewakili pemerintah RI yang diakui IHO  maka semua hasil survey dan pemetaan yang dilaksanakan Pushidrosal akan diakui internasional karena teknis dan metode sesuai standard SP. 44 IHO.

Dalam pertemuan tersebut, Kapushidrosal menyampaikan tentang pentingnya kerjasama Pushidrosal dengn Pertamina dalam hal ini dengan RU VI Balongan, terutama dalam hal updating peta laut terutama terhadap pipa-pipa yang terhubung satu sama lain pada platform yang berada di wilayah kerja Pertamina  RU VI Balongan.

Lebih lanjut dikatakannya, penggambaran pipa-pipa tersebut, di dalam peta laut akan memiliki arti penting bagi keamanan bernavigasi bagi kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan Balongan serta kapal - kapal yang melewati area platform Balongan.

Selain itu,  orang nomor satu di jajaran Pushidrosal tersebut juga menyampaikan tentang akan pentingnya keberadaan Pushidrosal di dalam dunia pelayaran, khususnya dalam menyiapkan data-data yang akurat dalam peta laut Indonesia guna mendukung keamanan bernavigasi. Dengan penggambaran peta laut akan memberi kenyamanan pada pengguna peta laut dan pengguna perairan tersebut.

Menanggapi penjelasan tersebut, GM Pertamina RU VI Balongan, Nur Qadim menyampaikan terimakasihnya atas apa yang sudah dikerjakan oleh Pushidrosal selama ini.

Ia juga menjelaskan bahwa Pertamina RU VI Balongan sebagai BUMN terbuka untuk bekerjasama dengan pihak manapun termasuk lembaga pemerintahan dalam hal ini Pushidrosal.

Menanggapi terkait hasil survey yang telah dipaparkan diantaranya tentang pipa yang belum dipendam, Nur Qadim menjelaskan bahwa pipa tersebut dipasang sebelum terbit peraturan baru yang mengharuskan pipa dipendam.

Ia juga menyatakan, kesiapan RU VI jika dibutuhkan koordinasi lebih lanjut guna meningkatkan keselamatan pipa yang sudah terbangun selama ini.

Menurut Nur Qadim lagi, bahwa saat ini ada beberapa hal persoalan diluar kompetensi RU VI, namun ia berharapakan melalui peningkatan kerjasama ini, bisa menjawab persoalan tersebut. (Ril)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?

Loading...