Mantan Ketua IPK Batam Hendrick Rajagukguk Divonis 6 Bulan Penjara - DINAMIKA KEPRI.COM

Thursday, 15 August 2019

Mantan Ketua IPK Batam Hendrick Rajagukguk Divonis 6 Bulan Penjara

  1 kali


Terpidana Hendrick Rajagukguk. 

Dinamika Kepri, Batam - Mantan Ketua Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kota Batam,  Hendrick Rajagukguk sidang perkara kekerasan terhadap orang atau barang terhadap korban Ketua IPK Kepri, Andi Kusuma, akhirnya divonis 6 bulan kurungan penjara oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam, Kamis (15/8) sore.

"Sesuai fakta persidangan, menyatakan terdakwa Hendrick Ragukguk telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tidak pidana “Dengan terang-terangan dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang atau barang” sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 170 ayat (1) KUHPidana sebagaimana dakwaan pertama jaksa penuntut umum, maka dengan itu, terdakwa Hendrick Rajagukguk dijatuhi hukuman pidana penjara selama 6 bulan dikurangkan selama terdakwa berada dalam tahanan, dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan," baca ketua majelis hakim, Jasael Manullang dalam amar putusan.

Terhadap putusan itu, kepada majelis hakim, Hendrick Rajagukguk menyatakan menerima putusan,  sedangkan jaksa penuntut Samsul Sitinjak, kepada hakim menyatakan pikir-pikir.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim terhadap Hendrick Rajagukguk yakni lebih ringan 6 bulan dari tuntutan jaksa yang sebelumnya menuntut 1 tahun penjara.

Sebelum menutup sidang, hakim Jasael Manullang menyempatkan memberikan pesan moral kepada Hendrick

" Jika ingin menjadi preman, jadilah preman yang profesional. Jangan mengandalkan emosi. Kami berharap hal seperti ini tidak terjadi lagi," kata Jasael berpesan kepada terpidana Hendrick Rajagukguk.

Pantuan media ini,  setelah sidang ditutup, saat Hendrik dibawa petugas ke sel, anggota IPK yang mendukung Hendrick berteriak dengan mengatakan,  "Hidup IPK".

Sebelumnya, sebagaimana dalam dakwan jaksa, perkara ini berawal karena atas ketidakterimaan Hendrik Rajagukguk  yang posisinya sebagai Ketua IPK Kota Batam, telah digantikan oleh Andi Kusuma kepada orang lain dan juga tidak diundangnya saat acara pelantikan Satgas Mahasakti IPK Provinsi Kepri di Golden Prown, Bengkong, Minggu, 24 Maret 2019.

Tak terima hal dengan itu apalagi tidak ada persetujuan dari pusat, Hendrick bersama beberapa anggota IPK Batam lalu mendatangi rumah Andi Kusuma.

Rombongan Hendrick yang menaiki mobil saat itu lalu menabrakan mobil Alphard yang tumpangi Andi Kusuma.

Tak hanya itu, setelah itu juga terjadi percekcokan antara Hendrick dan Andi Kusuma. Akibat kejadian itu, Andi Kusuma mengalami kerugian hingga Rp.500 juta.(Ag)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?