Gugatan Akhmad Rosano dan Fachry Agusta Terhadap Presiden RI Dialihkan ke PTUN - DINAMIKA KEPRI.COM

Monday, 26 August 2019

Gugatan Akhmad Rosano dan Fachry Agusta Terhadap Presiden RI Dialihkan ke PTUN

  Dibaca: 1 kali


Sidang pertama gugatan Akhmad Rosano dan Fachry Agusta terhadap Presiden RI, di PN Batam, Senin (26/8).

Dinamika Kepri, Batam - Sidang gugatan Fachry Agusta dan Ahkmad Rosano terhadap Presiden Republik Indonesia, Menteri Dalam Negeri RI, Gubernur Kepri, Ketua DPRD Kepri, Walikota Batam, Ketua DPRD Kota Batam, Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam yang salah satunya terkait Ex-Officio, akhirnya dialihkan ke Pengadilan Tinggi Tata Negara (PTUN) Tanjungpinang oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam.

Pengalihan perkara gugatan itu ke PTUN yakni hasil dari gelar sidang pertama di PN Batam yang diketuai majelis hakim Dwi Nuramanu didampingi dua hakim anggota, hakim Taufik dan Yona Lamerosa, Senin (26/8/2019).

Baca juga: Terkait Ex-Officio, LSM dan Warga Batam Gugat Presiden Joko Widodo ke Pengadilan


Hakim Dwi Nuramanu mengatakan, sesuai pedoman penyelesaian sengketa, gugatan perbuatan melawan hukum oleh Badan dan/atau pejabat pemerintah, maka PN Batam akan mengalihkan gugatan penggugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tanjungpinang di Sekupang, Batam.

"Majelis PN Batam yang dalam hal ini menyidangkan perkara gugatan melawan hukum. Memerintahkan Panitera pengganti mengirimkan berkas gugatan perkara penggugat ke PTUN Tanjungpinang, untuk disidangkan. Hal itu berdasarkan hasil Peraturan Mahkamah Agung (Perma) No 2 tahun 2019," kata Dwi Nuramanu diakhiri dengan ketukan palu.

Baca juga: Gugatan Akhmad Rosano dengan Fachry Agusta Terhadap Presiden akan Disidangkan di PN Batam

Pantuan media ini, perkara ini bergulir disidangkan karena sebelumnya Fachry Agusta Akhmad Rosano melalui kuasa hukumnya Amir Mahmud dan Arifawlan menggugat Presiden RI ke PN Jakarta Pusat dengan gugatan perbuatan melawan hukum.

Dari PN Jakarta Pusat, perkara gugatan itu lalu dialihkan ke PN Batam, dan dari hasil sidang PN Batam, gugatan tersebut lalu lagi dialihkan ke PTUN Tanjungpinang di Kota Batam. (Ag)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?

Loading...