Beli HP Curian di Kaki Lima, Pria ini Dituntut 1 Tahun 6 bulan Penjara - DINAMIKA KEPRI.COM

Friday, 30 August 2019

Beli HP Curian di Kaki Lima, Pria ini Dituntut 1 Tahun 6 bulan Penjara

  Dibaca: 1 kali


Terdakwa Ekizon Philip alias Eki Bin Erwin.

DinamikaKepri, Batam - Terdakwa Ekizon Philip alias Eki Bin Erwin pembeli Handphone (HP) dari kaki lima Pasar, Jodoh, Batam, dituntut jaksa 1 tahun dan 6 bulan penjara.

Tuntutan itu dibacakan Jaksa Penunutut Umum (JPU) Karya So Immanuel saat agenda sidang penuntutan terhadap terdakwa Ekizon Philip di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Selasa (27/8/2019).

Dalam amar tuntutannya, menyatakan terdakwa Ekizon Philip alias Eki Bin Erwin  bersalah melakukan tindak pidana dengan membeli, menyewa, menukar, menerima gadai, menerima hadiah, atau untuk menarik keuntungan, menjual, menukarkan, menggadaikan, mengangkut, menyimpan atau menyembunyikan sesuatu benda, yang diketahui atau sepatutnya harus diduga bahwa diperoleh dari kejahatan penadahan sebagaimana yang didakwakan kepada terdakwa yaitu melanggar pasal 480 ayat (1) KUHPidana.

Baca jugaBeli HP Hasil Curian, Ekizon Philip Disidangkan Terancam 4 Tahun Penjara 

"Menuntut supaya majelis hakim menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ekizon Philip alias Eki Bin Erwin dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan dengan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan dengan perintah terdakwa tetap ditahan. Menyatakan barang bukti berupa 1 unit Handphone merk Xiaomi Note 4x warna putih agar dikembalikan kepada saksi korban Yuhelda," baca jaksa Immanuel.

Lalu, setelah usai mendengrakan tuntutan dari JPU, majelis hakim diketuai Renni Pitua Ambarita didampingi dua hakim anggota, Marta Napitupulu dan Egi Novita, lalu menunda sidang satu minggu depan (Rabu,4 September 2019) dengan agenda untuk mendengarkan putusan.

Sebagaimana diuraikan dalam dakwaan sebelumnya, HP itu dibeli terdakwa dari seorang penjual yang berada di lapak pasar kaki lima Jodoh Kecamatan. Lubuk Baja, Batam. HP itu dibelinya seharga Rp 1,2 juta tanpa disertai dengan nota pembelian.

Baca jugaBeli Sepeda Motor Curian, Agung Dicky Divonis 4 Bulan Penjara

Bahkan terdakwa  juga mengetahui kalau HP yang dibelinya itu adalah barang curian, pasalnya sebelum ia membeli, penjual sudah mengatakan ”ini barang BM". Meski sudah dikatakan penjual seperti itu, namun dia masih mau membelinya yang mana HP itu adalah milik Yuhelda yang sebelumnya mengalami korban penjambretan. 

Tak hanya itu, saat sidang permeriksaan dilakukan, kepada majelis hakim, terdakwa juga mengaku sudah pernah di penjara karena kasus yang sama.(Ag)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?

Loading...