Caleg Gerindra Muhammad Yunus Ajukan PK - DINAMIKA KEPRI.COM

Wednesday, 17 July 2019

Caleg Gerindra Muhammad Yunus Ajukan PK

  Dibaca: 1 kali


Suasana sidang pengajuan PK Muhammad Yunus Nad di PN Batam,  Rabu (17/7).

Dinamika Kepri,  Batam - Terpidana tindak Pidana Pemilu 2019, Muhammad Yunus Nad, Caleg DPRD dari Dapil III Kota Batam yang putusannya telah inkrah di Mahkamah Agung, melakukan pengajuan Peninjauan Kembali (PK) ke Pengadilan Negeri (PN) Batam, Rabu (17/7).

Kepada majelis hakim, Muhammad Yunus Nad menunjukan dua alat bukti baru (novum) berupa surat dan rekaman video.

Terkait pengajuan PK tersebut,  Jaksa Penuntut Immanuel Karya menyatakan menolaknya dan tetap berpegang teguh terhadap putusan yang sudah inkrah dari Mahkamah Agung.

Setelah menerima alat bukti baru tersebut,  majelis hakim yang diketuai hakim Renni Pitua Ambarita didampingi dua hakim anggota, Marta Napitupulu dan Egi Novita, menunda sidang dan akan digelar kembali pada hari Senin tanggal 22 Juli 2019 dengan agenda pemeriksaan berkas alat bukti baru dari pemohon.

Sebelumnya, Muhammad Yunus Nad, Calon Legislatif DPRD Kota Batam dari Partai Gerindra peraih suara tertinggi di Daerah pemilihan (Dapil) III Batam itu, divonis bebas di Pengadilan Negeri (PN) Batam.

Namun setelah jaksa melakukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT), hasilnya Yunus Nad divonis bersalah dengan dinyatakan terbukti bersalah dan meyakinkan melanggar pasal 523 ayat (2) jo pasal 278 ayat (2) Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dengan vonis hukuman pidana penjara selama 3 bulan masa percobaan selama 6 bulan dan pidana denda sebesar Rp.10 juta subsidair 1 bulan kurungan penjara.(Ag)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?

Loading...