Samin Nahkoda KM. Terang Bulan II Pembawa 460 Ballpress dari Malaysia Dituntut 3 Bulan Penjara - DINAMIKA KEPRI.COM

Tuesday, 7 May 2019

Samin Nahkoda KM. Terang Bulan II Pembawa 460 Ballpress dari Malaysia Dituntut 3 Bulan Penjara

  1 kali


Ilustarsi. (F/Pepnews.com)

Dinamika Kepri, Batam -  Samin Nahkoda KM. Terang Bulan II pembawa 460 karung muatan ballpress pakaian bekas dari Malaysia, dituntut 3 bulan penjara denda Rp 10 juta subsidair 2 bulan kurungan penjara. Tuntutan itu dibacakan Jaksa Penunut Umum (JPU) Nani Herawati saat sidang terdakwa Samin di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Selasa (7/5/2019).

Oleh JPU, terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana pelayaran sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 323 ayat (1) jo Pasal 219 ayat (1) UU RI No.17 Tahun 2008 tentang Pelayaran sebagaimana yang didakwaan dengan menyatakan barang bukti berupa 1 unit KM. Terang Bulan II beserta peralatannya dikembalikan kepada Ramlan dan barang bukti 460 karung muatan pakaian bekas, dirampas untuk dimusnahkan.

Terhadap tuntutan itu, kepada majelis hakim di ruang sidang Prof. R. Soebekti dalam pembelaannya (pledoi), terdakwa meminta keringanan hukuman. Menanggapi pembelaan terdakwa, JPU mengatakan tetap pada tuntutan.

Setelah mendengar pledoi dari terdakwa, majelis hakim lalu menunda sidang satu minggu ke depan  pada tanggal  21 Mei 2019 dengan agenda sidang mendengarkan putusan.

Sebelumnya terdakwa Samin Nahkoda KM. Terang Bulan II bersama 4 orang ABK nya, Farlen Soni, Juwira, Anggi Jaefrial, Ari Rohaidi dan Usup  diamankan oleh personel TNI AL Batam peraian laut di posisi koordinat 01º - 08´ - 461” U - 103º - 38’ – 400” T saat melakukan pelayaran dari Jurong Malyasia ke Tanjung Balai Karimun, Kepri pada hari Rabu tanggal 22 Agustus 2018 sekitar pukul 04.00 Wib yang lalu.

KM. Terang Bulan II diamankan, karena kapal yang dibawa terdakwa saat diperiksa petugas kedapatan membawa muatan 460 karung muatan ballpress pakaian bekas. Selain kedapatan membawa muatan  ballpress,  Nahkoda kapal Samin juga tidak dapat menunjukkan persyaratan mengenai Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dari Syahbandar.

Karena tidak dapat menunjukkan SPB nya kepada petugas, kapal tersebut lalu diamankan dan dibawa petugas  menuju ke dermaga Pangkalan TNI AL Batam. (Ag)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?