Pramuka Kepri Peduli Sesama Santuni Kaum Dhuafa - DINAMIKA KEPRI

Monday, 27 May 2019

Pramuka Kepri Peduli Sesama Santuni Kaum Dhuafa

  4 kali



Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H.TS. Arif Fadillah saat memberikan santunan ke kaum dhuafa di Masjid Raya Nur Ilahi Dompak, Tanjungpinang, Senin (27/6) sore.
Dinamika Kepri, Tanjungpinang - Sebagai wujud rasa solidaritas dan rasa mengasihi terhadap sesama pada bulan ramadhan, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang  Provinsi Kepulauan Riau menggelar acara buka puasa bersama Masyarakat Dompak dan dilanjutkan dengan penyerahan santunan bagi kaum dhuafa di Masjid Raya Nur Ilahi Dompak, Tanjungpinang, Senin (27/6/2019) sore.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H.TS. Arif Fadillah mengatakan acara pramuka peduli terhadap sesama dalam bulan Ramadhan ini merupakan wujud bhakti kepada masyarakat. Ini juga sekaligus melaksanakan program Kwartir Nasional dimana keberadaan pramuka harus siap dan ada untuk masyarakat serta sebagai upaya menanamkan jiwa sosial di hati para anggota.

 “Kegiatan seperti ini setiap tahun dilakukan oleh Kwarda Kepri. Kami berharap bantuan yang diberikan sedikit bisa meringankan beban masyarakat, apalagi menjelang lebaran biasanya harga kebutuhan pokok naik. Semoga bantuan ini bermanfaat,” ucap Arif.

Pada tahun-tahun mendatang Arif berharap pelaksanaan kegiatan dan pemberian bantuan sosial seperti ini bisa lebih besar lagi sehingga menjangkau banyak masyarakat yang ada di Kepulauan Riau.

“Memang pada tahun ini bantuan hanya diberikan hanya pada warga Dompak saja karena kantor pemerintahan dan kantor Kwarda Kepri memang berada di pulau ini, jadi kita fokuskan warga sekitaran yang kita bantu. Namun kita tentunya berharap pada waktu mendatang bantuan juga bisa diterima oleh warga lain yang berada di Kepri. Kita doakan saja, semoga Pramuka semakin meningkat perannya dalam memberikan pelayanan sosial bagi masyarakat,” ujar Arif.

Selain berbuka puasa dan penyerahan bantuan sembako kepada kaum dhuafa, Arif menjelaskan bahwa Pramuka juga melanjutkan kegiatan lainnya yaitu melakukan I’tikaf dari tengah malam hingga menjelang sahur dan sholat shubuh berjamaah dipusatkan di Masjid Nur Ilahi Dompak. I’tikaf juga dilakukan bersama rombongan haji 2019 dan ICMI Kepri.

“Kita dorong agar Pramuka terus melakukan kegiatan positif dan membangun karakter generasi muda yang berlandaskan agama. Bagi masyarakat yang ingin melakukan i’tikaf diperbolehkan, ajak keluarga, saudara, tetangga, sahabat bahkan teman untuk memanfaatkan hari-hari terakhir ramadhan. Ini adalah kesempatan emas untuk melakukan ibadah, jadi jangan sampai waktu ini terlewat dan kita tidak mendapatkan keberkahan di bulan Ramadhan,” ajak Arif.

Sementara itu Ketua Bidang Humas Kwarda Kepri Sardison dalam laporannya mengatakan bahwa paket sembako yang disedikan untuk dibagikan kepada kaum dhuafa di wilayah Pulau Dompak pada kesempatan ini berjumlah 175 paket.

“Pramuka menyiapkan 145 paket, sedangkan 30 paket disediakan oleh pengurus Masjid Nur Ilahi dompak sehingga total 175 paket yang akan diberikan kepada yang berhak menerimanya,” jelasnya.

Adapun paket sembako ini akan dibagikan kepada 13 Rukun Tetangga (RT) yang tersebar di Pulau Dompak. Paket ini sendiri terdiri dari terdiri dari beras, tepung terigu, minyak goreng, margarin, gula pasir serta sirup.

“Bagi masyarakat yang tidak dapat hari pada hari ini bisa mengambil paket sembakonya pada besok hari di Kantor Kwarda Kepri Dompak, atau bagi lansia atau warga yang sakit sehingga tidak memungkinkan untuk datang mengambil sendiri bisa menghubungi petugas pramuka agar diantarkan hingga ke rumah penerima bantuan,” jelas Sardison. (Ril)


Apa reaksi anda tentang artikel ini?