Menilik Geliat Gelanggang Permainan di Batam, Tips: Bermainlah di Lokasi Berizin - DINAMIKA KEPRI

Thursday, 30 May 2019

Menilik Geliat Gelanggang Permainan di Batam, Tips: Bermainlah di Lokasi Berizin

  4 kali


Foto: Lokasi Gelper berizin di salah satu Mall di Batam.

Dinamika Kepri, Batam  – Gelanggang Permainan (Gelper) Elektonik kini kian marak di Batam. Ada yang melakukannya di kawasan pertokoan, Mall, Hotel maupun di kawasan pemukiman warga. Bisnis usaha Gelper saat ini di Batam sepertinya memberikan prospek baik untuk berinvestasi.

Dari penelusuran awak media ini, kini arena Gelper di Batam menjamur bak cendawan di hujan. Dari Kota hingga ke pemukiman warga, arena Gelper bisa dengan mudah ditemukan.

Izin Gelper ini sendiri dikeluarkan oleh pemerintah Kota Batam melalui BPM-PTSP. Meski izin untuk permainan anak, namun walau pada prateknya sebagian tidaklah demikian.

Jam operasi Gelper juga berbeda-beda. Meski aturannya sudah jelas, pada kenyataannya tidak semua pengusaha Gelper yang menaatinya, sebab ada sebagian juga lokasi Gelper yang buka sampai 24 jam.

Di sekitaran Nagoya Batam, saat ini terhitung ada puluhan lokasi Gelper yang beroperasi. Tak hanya di sekitar pertokoan dan mall-mall saja, arena Gelper juga dapat ditemukan di sebagian hotel-hotel.

Dalam artikel ini kita tidak membahas indikasi unsur judinya, yang kita jabarkan adalah bagaimana supaya Gelper tersebut supaya benar-benar dapat memberikan kontribusi besar dalam hal peningkatan pajak kepada pemerintah Kota Batam.

Ya, usaha Gelper harusnya ditata dengan baik agar tidak buka tutup, dan persaingan dalam berusaha antar sesama pengusahanya tetap sehat agar tidak menimbulkan dampak sosial di tengah masyarakat maupun mempengaruhi kepariwisataan Kota Batam.

Dalam pengawasannya, harusnya jika ada lokasi Gelper yang buka tanpa izin harus ditutup segera, karena jika tetap dibiarkan, itu akan berdampak merugikan bagi pengusaha Gelper yang memiliki izin usaha.

Satu yang paling soroti awak media ini ialah mengenai mesin-mensin game yang beroperasi setiap di arena Gelper.

Tidak tahu apakah mesin-mesin Gelper itu terdaftar di BPM-PTSP Kota Batam, sebab di salah satu lokasi Gelper di sekitaran Nagoya, terlihat pengelolanya kerap mengonta-ganti jenis mesin game seenak perutnya. Mesin game selalu diganti sesuai permainan yang diminati para pemain.

Selain itu, dalam sistem pembelian koin di setiap lokasi Gelper juga berbeda-beda alias tidak seragam meski izinnya dikeluarkan dari intansi yang sama, di mana ada yang menjual Rp 1000 hingga Rp 2000 perkoinnya, bahkan ada yang juga tidak memakai koin sama sekali.

Selain itu, terpantau bahwa sekarang ini sistem penukaran hadiah di setiap Gelper juga sudah sangat safety. Artinya delik judinya tidak lagi terlihat menyolok seperti dari sebelumnya. Penukaran hadiah sudah jauh dari lokasi Gelper.

Mengenai soal ramainya pengunjung Gelper, itu ditentukan oleh sistem dari pengelolanya itu sendiri. Artinya mesin makin dikunci, maka pengunjung akan makin sepi.

Bagi pemain Gelper juga ada istilah dengan menyebutkan, “ meja makan atau meja puja sera,” yang artinya di Gelper itu tidak ada balancenya, berapapun koin yang dimasukan para pemain ke mesin permainan, semua ditelannya mesin tampa ada ampun. Biasanya lokasi Geper yang seperti itu, sepi pengunjung.

Selain itu, saat ini juga sering terhendus isu jika setiap mesin Gelper bisa diremot oleh pengelolannya bagaimana supaya pemainnya kalah. Ya, begitulah isunya, namun sampai saat ini belum dapat dipastikan soal kebenarannya.

Di Bulan suci ramadhan ini, terpantau Gelper di Batam tutup jam 2 pagi, kecuali di hotel-hotel informasinya masih tetap buka 24 jam.

Nah, jika anda ingin bermain Gelper atau sekedar menghabiskan waktu senggang di Batam, tips amannya ialah bermainlah di lokasi Gelper yang memiliki izin, sebab jika anda bermain game di tempat tidak berizin, kemunkinanya saat asyik bermain bisa saja terkena razia dan mengganggu kenyamanan anda.

Sedangkan ciri untuk mengenali lokasi Gelper yang berizin sangatlah mudah. Cukup melihat lokasinya. Jika lokasinya di tengah kota, bisa dipastikan lokasi gelper itu ada izinnya, bila perlu tanyakan langsung kepada pengelolanya.

Mengakhiri, mengenai soal kalah menang, itu adalah konsekwensi permainan, dan jangan berharap untuk menang, sebab mesinnya dinyalakan pakai listrik dan bayar pajak. Selain itu wasitnya juga cantik-cantik yang pastinya bisa membuat anda betah. (Ag)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?