Tiga Mafia BBM Solar Tangkapan Satgas Migas Mabes Polri Dituntut Jaksa 1 Tahun Penjara - DINAMIKA KEPRI.COM

Friday, 26 April 2019

Tiga Mafia BBM Solar Tangkapan Satgas Migas Mabes Polri Dituntut Jaksa 1 Tahun Penjara

  Dibaca: 1 kali


Ketiga terdakwa usai menjalani sidang di PN Batam.

Dinamika Kepri, Batam - Tiga terdakwa diduga mafia Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar di Batam, Tomy Barata, Mashari dan Agus Anwar Sanusi, hasil tangkapan Satgas Migas Mabes Polri masing-masingnya dituntut jaksa 1 tahun Penjara, saat sidang agenda tuntutan di Pengagadilan Negeri (PN) Batam, Kamis (25/4/2019).

Dalam amar tuntutan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Samsul Sitinjak menyatakan, terdakwa Tomy Barata, Mashari dan terdakwa Agus Anwar Sanusi telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tidak pidana turut serta melakukan penadahan sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 480 Ayat (1) KUHPidana jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana dalam dakwaan alternatif kedua.

Baca juga: Sidang Kasus Pembelian BBM Solar Ilegal di Laut, Terdakwa Mengaku sudah Tujuh Kali Lakukan Transaksi

"Menghukum para terdakwa dengan pidana penjara masing-masing selama 1 tahun dikurangkan selama para terdakwaberada dalam tahanan, dengan perintah agar tetap ditahan. Menyatakan barang bukti berupa uang Rp 27 juta dan minyak BMM Solar sebanyak 15 ribu liter yang berada di kapal Limin XVIII, dirampas untuk negara." baca JPU.

Sedangkan untuk bukti berupa 3 unit Truck Tangki Merek Hino yang dipakai para terdakwa untuk mengangkut BBM solar ilegal dikembalikan kepada terdakwa Tomy Barata.

Begitu juga dengan barang bukti berupa tiga Kapal, yakni kapal Aura Nur Huda Jenis SPOB GT 113 No.4490, Kapal Al Hikam Type GT 97 No. 1114 serta Kapal Limin XVIII Jenis Tongkang GT 760 No 1128 dan BMM Solar 127.070 liter di dalamnya, diminta JPU juga agar dikembalikan kepada terdakwa Tomy Barata.

Setelah mendengarkan tuntutan dari JPU, majelis hakim yang diketuai hakim Syahlan didampingi dua hakim anggota, hakim Taufik dan hakim Yona, lalu menunda sidang satu minggu ke depan dengan angenda untuk mendengarkan putusan.

Baca jugaDiduga Beli Solar di Laut, Tomy Barata, Mashari dan Agus Anwar Disidangkan 

Sebelumnya, ketiga terdakwa tersebut adalah merupakan hasil dari tangkapan dari Kepolisian Satgas Migas Mabes Polri. Mereka ditangkap pada bulan Januari 2019 lalu di Batam karena diduga melakukan tindak pidana membeli dan mengangkut BBM Solar dari laut tanpa izin.

Terdakwa Tomy Barata sendiri adalah merupakan Kepala Operasional di PT. Bahari Berkah Madani. Sedangkan terdakwa Mashari adalah Nahkoda Kapal MT. Alhikam dan Agus Anwar Sanusi sebagai penghubung pembelian BBM solar ilegal dari laut ke darat.

Sebelumnya ketiga terdakwa tersebut didakwa jaksa dengan dakwaan primer ancaman pidana Pasal 53 huruf b Jo. Pasal 23 UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi jo. Pasal  55 ayat (1) ke-1 KUHPidana, subsidier Pasal 53 huruf d Jo. Pasal 23 UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi jo. Pasal  55 ayat (1) ke-1 KUHPidana, atau kedua Pasal 480 ayat  (1 ) ke-1 KUHPidana jo. Pasal  55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.(Ag)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?

Loading...