Personel Ditpam BP Batam Cabuti Tanaman Milik Warga - DINAMIKA KEPRI

Thursday, 11 April 2019

Personel Ditpam BP Batam Cabuti Tanaman Milik Warga

  4 kali


William.
Dinamika Kepri, Batam - Setelah kebakaran beberapa waktu lalu, hutan lindung di Kawasan DTA Duriangkang Muka Kuning menjadi terbuka, lalu dimanfaatkan masyarakat setempat untuk bercocok tanam. Melihat adanya cocok tanam, diduga kebakaran itu sengaja dilakukan.

Mengetahui ada yang memamfaatkan dengan bercocok tanam, Kamis (11/4/2019) pagi, Direktorat pengamanan BP Batam bersama Tim pun turun melihat dan mencabuti tanaman di bekas lahan terbakar itu.

Menurut Willem Sumanto Kasihutan BP Batam, luas hutan yang terbakar sebelumnya itu ada 10 hektar.

Setelah usai mencabuti segala tanam tumbuh di atas lahan hutan itu, ia menghimbau agar masyarakat tidak memamfaatkannya dengan bercocok tanam dan tidak lagi melakukan pembakaran hutan.

"Dalam kesempatan ini juga kami dari Direktorat pengamanan mengimbau masyarakat agar jangan lagi melakukan pembakaran hutan yang kemudian mereka jadikan kebun. Karena bagaimanapun, hutan harus kita lestarikan," katanya.

Menurutnya, lebih dari itu,  bahwa hutan di areal itu kepentingannya sangat vital karena sebagai daerah hutan tangkapan air untuk DAM Duriangkang dan DAM  Mukakuning.

Selain itu pihaknya juga mengharapkan agar pemerintah segera mengambil sikap dengan melakukan reboisasi di hutan-hutan bekas kebakaran. (Ril)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?