Langgar UU Ketenagakerjaan, Dirut dan Komisaris PT. Dynamic Overseas Divonis 3 Bulan - DINAMIKA KEPRI

Thursday, 7 February 2019

Langgar UU Ketenagakerjaan, Dirut dan Komisaris PT. Dynamic Overseas Divonis 3 Bulan

  4 kali


Sidang agenda putusan dua terdakwa Alexzander Mangera dan Komisarisnya Dewi Wulandari di PN Batam, Rabu (6/2/2019) sore.

Dinamika Kepri, Batam - Direktur Utama (Dirut) PT. Dynamic Overseas, Ronald Robert Alexzander Mangera dan Komisarisnya Dewi Wulandari divonis 3 bulan penjara oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam.

Dalam amar pustusan, Hakim Syahlan didampingi hakim Mangapul Manalu dan hakmi Chandra menyatakan, kedua terdakwa terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana tidak memberikan perlindungan keselamatan kepada tenaga kerja sehingga terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan luka berat”sebagaimana diatur dalam dakwaan kedua Pasal  186 ayat (1)  jo Pasal 35 ayat (3) Undang–Undang  Republik Indonesia  No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Adapun pertimbangan yang meringankan kedua terdakwa, dalam amar putusan dinyatakan telah melakukan perdamaian dengan pihak keluarga korban dengan telah memberikan biaya perobatan terhadap korban David Cristohper.


Atas putusan itu, melalui penasehat hukum kedua terdakwa, kepada majelis hakim menyatakan pikir-pikir.


David Cristohper.

Sama halnya dengan Jaksa Penunut Umum (JPU) Samuel Pangaribuan menggantikan jaksa Rumondang, juga menyatakan pikir-pikir.

Selain itu, hakim Syahlan juga mengatakan, hukuman 3 bulan itu bisa saja tidak dijalani asalkan kedua terdakwa selama 6 bulan kedepan tidak melakukan tindak pidana.

"Bisa saja tidak dijalani, asalkan selama 6 bulan kedepan kedua terdakwa tidak melakukan tindak pidana, karena jika melakukan, akan dijebloskan ke dalam penjara," katanya.

Sebelumnya, kasus kecelakaan kerja ini berawal pada hari Minggu tanggal 26 Maret 2016 yang lalu, di mana ruang Tangki Kapal MT. Succes Energy XXXII di area Kerja milik PT. ASL Tanjung Uncang, Batam yang dikerjakan oleh PT. Dynamik Overseas, mengalami kebakaran dengan satu orang korban bernama David Cristohper.

Saat itu sebelum kejadian, korban tengah melakukan mengelas besi (welding) di dalam tanki kapal. saat korban melakukan aktivitasnya, tiba-tiba api memenuhi tanki. Akibat kejadian itu, korban mengalami luka bakar dan cacat semur hidup.(Ag)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?