Beli HP Curian, May Herian Divonis 1 Tahun Penjara-DINAMIKAKEPRI

20 Februari 2019

Beli HP Curian, May Herian Divonis 1 Tahun Penjara

 

Suasana sidang agenda putusan terdakwa May Herian, di PN Batam, Selasa (19/2/2019) sore.

Dinamika Kepri, Batam - Akibat membeli HP curian, terdakwa May Herian alias Rian divonis 1 tahun penjara oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam, Selasa (19/2/2019).

Majelis hakim yang diketuai hakim Jasael Manullang didampingi hakim Mangapul Manalu dan hakim Efrida Yanti, dalam amar putusan, terdakwa dinyatakan terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana "Penadahan" dengan melanggar pasal 480 ayat(1) KUHPidana sebagaimana dalam dakwaan tunggal Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Terhadap putusan itu, kepada majelis hakim, terdakwa mengatakan menerima hukumannya. Sama halnya dengan JPU Rumondang Manurung, juga menyatakan menerima.

Vonis yang dijatuhkan hakim terhadap terdakwa yakni lebih berat 2 bulan dari tuntutan JPU sebelumnya yang menuntut terdakwa 10 bulan penjara.

Sedang untuk Barang Bukti (BB) berupa 1 unit handphone (HP) Xiaomi Redmi 5 Plus warna hitam, perintah hakim agar dikembalikan kepada saksi korban, Susi Warni Siahaan.

Semula kasus ini berawal pada hari Jumat tanggal 2 November 2018 yang lalu saat terdakwa membeli HP Xiaomi Redmi 5 Plus warna hitam dari seseorang bernama Nurhadi di Pasar Jodoh, Lubuk Baja, Batam.

Nurhadi yang saat itu bersama temannya bernama Tedi, menawarkan HP tersebut kepada terdakwa seharga Rp 800 ribu. Merasa tertarik dan dianggap murah dari harga pasaran, terdakwa pun lalu membelinya tanpa menanyakan siapa pemilik HP.

Dari pengembangan polisi, HP yang dibeli terdakwa itu ternyata milik Susi Warni Siahaan yang hilang saat berbelanja di Pasar Secen, Jodoh pada jam sebelumnya pada hari itu juga.

Dalam kasus ini, terdakwa Nurhadi alias Adi juga telah  divonis 1 tahun 3 bulan penjara, sementara temannya yang bernama Tedi masih DPO.(Ag)



BACA JUGA :

Scroll to top