Terbukti Lakukan Penggelapan, Suryadi Candra Mantan Kepala Cabang Askum Bumi Putra Divonis 2 Tahun Penjara - DINAMIKAKEPRI.COM

Terbukti Lakukan Penggelapan, Suryadi Candra Mantan Kepala Cabang Askum Bumi Putra Divonis 2 Tahun Penjara


Suryadi Candra, ST.

Dinamika Kepri, Batam - Terdakwa Suryadi Candra, ST, perkara penggelapan dalam jabatan di Asuransi Bumi Putra dengan kerugian sebesar  ±  Rp 212.734.586,  divonis 2 tahun penjara oleh hakim  Pengadilan Negeri (PN) Batam, Selasa (22/1/2019) sore.

Vonis yang dijatuh majelis hakim terhadap terdakwa yakni lebih ringan 6 bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya  yang menuntut  terdakwa 2 tahun 6 bulan.

Oleh Majelis hakim yang diketuai hakim Syahlan, didampingi hakim Mangapul Manalu dan hakim Chanda, dalam amar putusan menyatakan, Mantan Kepala Cabang di kantor Askum Bumi Putra Cabang Batam itu, terbukti bersalah melanggar tindak pidana melakukan perbuatan penggelapan dalam jabatan, sebagaimana diatur dalam pasal 374 KUHPidana.

“Karena terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 374 KUHPidana, terdakwa dijatuhi hukuman 2 tahun penjara dikurangi selama  masa penahanan,  dengan membebani terdakwa untuk membayar biaya perkara sebesar  lima ribu rupiah,” baca hakim Syahlan.

Terhadap putusan itu, didampingi penasehat hukumnya Selfi Rusdiana, terdakwa menyatakan pikir-pikir.

Dalam perkara ini, awalnya  terdakwa dilaporkan oleh pihak perusahaan tempatnya bekerja, karena telah menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadinya.
 
Uang perusahaan yang digunakan terdakwa, tidak tercatat dalam pembukuan perusahaan, sehingga saat dilakukan pemeriksaan keuangan di perusahaan, ditemukan jumlah selisih saldo.(Ag)




Scroll to top