Monday, 7 January 2019

Meresahkan, Pemarkir Liar di Jembatan 1 Barelang Akhirnya Ditangkap Polisi

  1 kali

Kabid Humas Polda Kepri dan Wadir Reskrimum Polda Kepri saat melakukan konferensi pers di Polda Kepri, Senin (7/1).

Dinamika Kepri, Batam - Akibat meresahkan masyarakat, Dua orang pria berinisial OLS dan YS, pemarkir liar yang melakukan Pungli terhadap pengendara yang parkir di Jembatan 1 Barelang, Batam, Kepri, akhirnya ditangkap polisi.

Kedua warga sekitar Jembatan 2 Barelang itu diamankan pada tanggal 6 Januari 2019 oleh petugas polisi yang menyamar, demikian kata Kabid Humas Polda Kepri dan Wadir Reskrimum Polda Kepri, saat melakukan konferensi pers di ruangan Media Centre Bidhumas Polda Kepri, Senin (7/1/2019).

Sesuai Laporan polisi: LP-A / 4 / I / 2019 / SPKT-Kepri, tanggal 6 Januari 2019 (Subdit III Ditreskrimum Polda Kepri) bahwa berdasarkan informasi dari masyarakat melalui media online pada hari Rabu tanggal 2 januari 2019 pukul 11: 21 Wib lalu, memberitakan adanya pungutan liar berkedok retribusi parkir liar di Jembatan 1 Barelang.

Mengetahui kabar itu, Tim Opsnal Subdit 3 Ditreskrimum Polda Kepri langsung bertindak dan mengamankan 2 orang yang diduga sebagai pelaku pungli sebagaimana disebutkan dalam berita online tersebut.

Sebelum dilakukan penangkapan, pada hari Minggu tanggal 6 Januari 2018 sekitar pukul 16.30 Wib, Personel Subdit 3 Ditreskrimum Polda Kepri melakukan penyamaran sebagai pengunjung di Jembatan 1 Barelang.

Pada saat hendak memarkirkan kendaraannya, personel tiba-tiba dihadang oleh terduga pelaku dengan modus melarang untuk parkir di lokasi tersebut, kecuali pengunjung membayar biaya parkir Rp 10 ribu.

Mengetahui target sudah di depannya, kemudian Tim Opsnal Subdit 3 Ditreskrimum Polda Kepri pun langsung melakukan penindakan terhadap pelaku pungli tersebut.

Dari kedua pelaku, petugas polidi menemukan barang bukti berupa uang sejumlah Rp 445 ribu dan
karcis parkir ilegal.

Atas perbuatannya, para pelaku telah melanggar Perda Kota Batam No.3 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan dan restribusi parkir.

"Untuk tindakan selanjutnya, pelimpahan kedua terduga pelaku parkir liar beserta barang buktinya, akan diserahkan ke Dinas Perhubungan Kota Batam," kata Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol S.Erlangga.(Ag)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?