Majelis Hakim Banding Terdakwa Erlina Gonta-ganti, PH: Kami Juga sangat menyayangkannya - DINAMIKA KEPRI.COM

Wednesday, 30 January 2019

Majelis Hakim Banding Terdakwa Erlina Gonta-ganti, PH: Kami Juga sangat menyayangkannya

  Dibaca: 1 kali


Hendrik, suami terdakwa Erlina saat bersama Manuel P Tampubolon PH terdakwa di PN Batam beberapa waktu yang lalu.

Dinamika Kepri, Batam – Menurut penelusuran awak media ini di Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri (PN) Batam , formasi majelis hakim Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru yang akan menyidangkan perkara Banding  terdakwa  Erlina, ternyata sudah berganti, Selasa (29/1/2019).

Dari tiga sebelumnya, dua hakim diantaranya hakim Syafrullah Sumar dan hakim Herman Nurman digantikan oleh dua hakim anggota yakni hakim Agus Suwargis dan hakim Tony Pribadi.

Hakim Syafrullah Sumar diganti diduga karena statusnya sudah dimutasi ke PT Banten, sedangkan hakim Herman Nurman diganti diduga karena statusnya sudah berakhir masa jabatan (pensiun=red).

Baca juga: Terdakwa Erlina Belum Juga Disidangkan, Ada apa ya? Ini Kata Manuel P Tampubolon

Sedangkan Hakim H. Heri Sutanto sendiri sebelumnya sebagai hakim anggota yang di formasi majelis tersebut, bertahan.

Sebagaimana dicatumkan di SIPP PN Batam, Hakim H. Heri Sutanto saat ini ditunjuk sebagai ketua majelisnya menggantikan hakim Syafrullah Sumar. Sedangkan untuk paniteranya tetap, yaitu Panitera Muda (Pamud) Perdata Pengganti, I.A.N Ratnayani.

Perkara banding ini adalah perkara tindak pidana dugan pengelepan dalam jabatan, tetapi paniteranya dari perdata penganti.

Baca juga: Hakim Perintahkan Jaksa Jemput Paksa Mantan Manager Marketing BPR Agra Dhana

Sidang banding terdakwa Erlina ini belum pernah sekalipun digelar, tetapi nomor putusan bandingnya sudah ada yakni nomor 396/PID.B/2018/PT PBR, dan itu telah dicatumkan di SIPP PN Batam.

Foto screen shot dari SIPP PN Batam.
Nomor putusan bandingnya keluar di tahun 2018, sementara majelis hakimnya dibentuk pada tanggal 17 Januari 2019, artinya selesai sidang dahulu baru menunjuk majelis hakimnya.

Baca juga: Erlina Korban Dugaan Pemerasan Direksi PT. BPR Agra Dhana Melapor ke OJK

Selain itu, nama hakim Syafrullah Sumar dan hakim Herman Nurman yang sebelumnya dicatumkan di SIPP PN Batam terkait hal ini, jejak digitalnya kini tidak terlihat lagi alias dihilangkan atau dihapus.

Mengenai telah bergantinya dua orang hakim dari majelis hakim yang akan menyidangkan banding terdakwa Erlina, Manuel P Tampubolon selaku Penasehat Hukum (PH) Erlina mengatakan, sangat menyayangkannya.

Baca juga: Gugurkan Dakwaan Alternatif Pertama, Hakim Malah Gunakan Dakwaan Kedua Memvonis Erlina Bersalah

"Terkait adanya pergantian personil hakim di majelis hakim itu, tentunya pihak kami sangat menyayangkannya,” jawab Manuel P Tampublon singkat, ketika dikonfirmasi awak media ini.

Pantuan media ini, menghitung lamanya waktu sejak berkas diterima oleh PT Pekanbaru, perkara sidang banding terdakwa Erlina harusnya sudah disidangkan, namun sampai saat ini, belum juga dilakukan.

Ada dugaan waktu yang sudah lama sudah berlalu itu, lebih lama digunakan majelis hakim yang ditunjuk mengatur rancangan, ketimbang mengatur waktu kapan sidang banding terdakwa Erlina akan dilakukan.(Ag)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?

Loading...