Lantamal IV Lakukan Latihan Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 - DINAMIKA KEPRI.COM

Thursday, 31 January 2019

Lantamal IV Lakukan Latihan Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019

  Dibaca: 1 kali


Video converence di Mako Lantamal IV.
Dinamika Kepri, Tanjungpinang - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV hari ini menggelar latihan Pengamanan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Presiden (Pilpres) tahun 2019, Kamis (31/1).

Latihan tersebut dibawah komando dan kendali operasional  Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono.

Upacara pembukaan latihan ini dilaksanakan di Markas Komando (Mako) Koarmada I yang disiarkan secara langsung melalui video converence (Vicon) kepada seluruh Lantamal dan Lanal jajaran Koamada I.

Dalam pelaksanaan Vicon yang dipimpin Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI TSNB Hutabarat, seluruh pangkalan yang berada di jajaran Koarmada I memberikan laporan tentang kesiapan pelaksanaan latihan mulai dari jumlah personel sampai kepada unsur yang dilibatkan.

Laporan kesiapan latihan Lantamal IV disampaikan Asisten Operasi (Asops) Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Edward H. Sibuea, mewakil Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, melalui Vicon dari Aula Yos Sudarso, Mako Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No.1 Batu Hitam, Kepulauan Riau (Kepri).


Lantamal IV dan Lanal jajaran di bawahnya dalam latihan itu yakni bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan satuan jajaran Koarmada I agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal dalam melaksanakan tugas membantu Pemerintah Daerah dan Polri, dalam rangka pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019.

Latihan itu melibatkan sebanyak 650 personel dan dua unsur KRI.

Dalam pelaksanaan latihan, para peserta akan diberikan beberapa materi diantaranya sosialisasi tahapan penyelenggaraan pemilu sesuai UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Materi itu adalah penyuluhan tentang penyelenggaraan pemilu secara damai, penyuluhan tentang penggunaan media sosial secara bijak dalam masa kampanye dan pembinaan ketahanan wilayah setelah itu dilaksanakan latihan gladi lapangan meliputi penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial dan pengamanan obyek vital.

Dalam pelaksanaan Vicon di Lantamal IV itu, turut yang mendampingi Asops Danlantamal IV yakni diantaranya Asintel Danlantamal IV, Komandan Satrol Lantamal IV, Kadisminpers Lantamal IV dan Perwakilan Perwira dari Satuan Kerja yang berada di Mako Lantamal IV serta peserta Latihan. (Ril)

Apa reaksi anda tentang artikel ini?

Loading...